Di Usia Riau ke-64, Pengamat: Harus Jadi Tuan Rumah di Daerah Sendiri dan Lebih Banyak Upaya Dapatkan APBN

Di Usia Riau ke-64, Pengamat: Harus Jadi Tuan Rumah di Daerah Sendiri dan Lebih Banyak Upaya Dapatkan APBN

9 Agustus 2021
Pengamat Pemerintahan, Agung Wicaksono

Pengamat Pemerintahan, Agung Wicaksono

RIAU1.COM - Sudah selayaknya, momentum ulang tahun ini menjadi introspeksi, bukan hanya bagi pemerintah di semua level pemerintahan di Riau, melainkan juga kita sebagai masyarakat Riau.

Seperti itu sebagian yang dikatakan Agung Wicaksono, pengamat pemerintahan dan politik Universitas Islam Riau (UIR) menyikapi momentum hari jadi Provinsi Riau ke-64 tahun ini.

Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, sebut Agung, harus disertai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat untuk mengelola kekayaan alam yang ada di Riau

"Kita harus menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Menjadi provinsi yang kaya, bukan hanya diatas kertas, namun juga secara nyata mensejahterakan masyarakatnya," kata ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Hungaria ini pada Riau24.com grup, Senin 9 Agustus 2021.

Sementara, menanggapi masih lemahnya daya tawar Riau selama ini pada pemerintahan pusat guna percepatan pembangunan di Bumi Lancang Kuning, terang Agung, harus ada komunikasi intens antara gubernur dengan wakil rakyat dari Riau di Senayan. Baik itu DPR maupun DPD.

"Karena selama ini yang saya amati, kita terkesan tertinggal dalam mengambil kesempatan melaksanakan pembangunan dengan dana pusat," ujarnya.

Lalu, untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang ada, sambung dia, semestinya difokuskan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, namun untuk beberapa hal, yang seandainya bisa diusahakan menggunakan dana pusat (APBN), maka itu yang harus diperjuangkan  gubernur bersama dengan wakil rakyat di pusat.

"Ini penting sekali, mengingat jika hanya mengandalkan APBD terutama dalam pembangunan pembangunan infrastruktur, itu akan menjadi beban besar," pungkasnya.