Pelalawan Mengundurkan Diri Jadi Tuan Rumah MTQ Provinsi Riau 2021, Daerah Lain Belum Ada yang Sanggup

Pelalawan Mengundurkan Diri Jadi Tuan Rumah MTQ Provinsi Riau 2021, Daerah Lain Belum Ada yang Sanggup

19 Agustus 2021
Saat rapat virtual

Saat rapat virtual

RIAU1.COM - Rapat tindak lanjut terkait pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau Tahun 2021, dipimpin langsung Kepala Biro (Karo) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Riau Zulkifli Syukur.

Pertemuan tersebut merupakan langkah tindak lanjut SK Gubernur terkait pelaksanaan MTQ Provinsi Riau, karena ada beberapa kendala. Yang sebelumnya sudah disepakati Kabupaten Pelalawan sebagai tuan rumah, namun tidak dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan.

"Kendala yang terjadi seperti dalam hal-hal teknis, seperti masalah lahan dan infrastruktur yang membuat Pelalawan belum dapat menyanggupinya," kata Zulkifli.

Sebab itu, Pemerintah Provinsi Riau melakukan diskusi dengan kepala daerah guna membahas kelanjutan dari pelaksanaan MTQ Provinsi Riau Tahun 2021 ini.

"Kesimpulan yang dapat ditarik, masih belum ada kejelasan untuk tindaklanjut mengenai MTQ ini, belum ada daerah yang berani mengajukan diri sebagai tuan rumah dari acara MTQ Provinsi Riau Tahun 2021," ujarnya.

"Yang kita harapkan tadi ada alternatif untuk tuan rumah MTQ tapi dari keadaan pandemi Covid-19 saat ini maka tidak ada satupun yang berani mengajukan daerahnya sebagai tuan rumah MTQ," sambung dia.

Selain itu, dari diskusi tersebut ada beberapa daerah yang menyatakan bahwa kegiatan MTQ ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat, tapi LPTQ Provinsi Riau yang melaksanakannya. 

"Tentu hal yang menjadi pertimbangan bagi kami ini dan tergantung kepada kesiapan kami yang ada di LPTQ Provinsi Riau, mengingat waktu dan banyaknya agenda pemerintah Provinsi Riau, apalagi juga kita mempersiapkan untuk STQ Nasional yang sampai hari ini memang belum dibatalkan," pungkasnya.*