Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, Persembahan Ekowisata Kuantan Singingi

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, Persembahan Ekowisata Kuantan Singingi

22 Agustus 2021
Air Terjun Batang Koban di Kuantan Singingi/Net

Air Terjun Batang Koban di Kuantan Singingi/Net

RIAU1.COM - Destinasi wisata air terjun tujuh tingkat Batang Koban di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, menyuguhkan derasnya gelombang sungai dan perbukitan yang ditumbuhi pepohan asri menghijau di bantaran daerah aliran sungai Kuantan.

Destinasi ini wajib dicoba untuk dikunjungi bagi wisatawan yang suka objek wisata alam atau ekowisata.

Untuk sampai ke air terjun ini kalau dari Kota Pekanbaru, jaraknya 160 kilometer atau menempuh jarak waktu 3 jam 45 menit berkendara menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2 menuju Kota Teluk Kuantan di Kuansing.

Setelah tiba di Kota Taluk Kuantan perjalan dapat dilanjutkan menuju Desa Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan. Jarak tempuhnya 36 kilometer atau 45 menit berkendara sampai dermaga keberangkatan yang lokasinya berada di tepian sungai Kuantan. 

Kemudian, perjalanan ditempuh menelusuri Sungai Kuantan menggunakan transportasi sungai milik warga setempat, yakni sampan kayu bermotor dengan kapasitas penumpang 5 hingga 10 orang.

Setelah menelusuri sungai selama 30 menit, akhirnya sampan tiba mengantar penumpang di dermaga kedatangan air terjun Batang Koban. 

Sesampainya di kawasan air terjun Batang Koban, pengunjung akan disuguhi air terjun pertama, lokasinya tepat berada di samping anak tangga. Setelah itu perjalan bisa dilanjutkan menuju air terjun ke dua hingga air terjun ke tujuh. 

Setibanya di lokasi air terjun ke tujuh, panorama semburan air yang menjulang 30 meter ke atas bukit. Satu kawasan ini memiliki 7 air terjun yang tingginya bervariasi.*