Dari 1,2 Juta Hektar Target Perhutanan Sosial di Riau, Baru Tercapai 124 Ribu Hektar

Dari 1,2 Juta Hektar Target Perhutanan Sosial di Riau, Baru Tercapai 124 Ribu Hektar

23 Agustus 2021
Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita

Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya meningkatkan pelaksanaan perhutanan sosial di Provinsi Riau.

Seperti itu dikatakan Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita saat menerima kunjungan Tim Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat di Riau, Senin 23 Agustus 2021.

"Provinsi Riau memiliki kurang lebih 6 juta hektare terkait hutannya, dan 4 juta hektare lebih itu sudah berada di area perkebunan sawit. Dimana sawit tersebut banyak di area hutan," kata Eva pada kesempatan tersebut.

Walau demikian, dia mengatakan bahwa Pemprov Riau saat ini sedang melakukan inventarisasi dan juga melakukan penertipan terkait dengan areal perkebunan yang berada di dalam hutan.

"Jadi memang target daripada perhutanan sosial di Provinsi Riau itu lebih kurang 1,2 juta hektare namun belum juga dapat dicapai sepenuhnya, pada saat ini masih mencakup 124 ribu hektare," ujarnya.

Pemprov Riau, sebut dia juga terus berkomitmen untuk menambah kurang lebih 900 hektare hingga tahun 2024 mendatang. Yang mana berdasarkan laporan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, perhutanan sosial ini sedang dilakukan inventarisasi untuk dilakukan pengajuan izinnya.

"Kami berharap karena memang Pak Gubernur kami juga memiliki misi yang terkait dengan ketahanan pangan maka kami berharap perhutanan sosial ini di tahun 2024 itu sudah menjadi 900 ribu hektare," ucapnya.*