Atasi Karhutla, Puluhan Ribu Kilogram Garam Disemai di Langit Riau Sejak Awal Tahun

Atasi Karhutla, Puluhan Ribu Kilogram Garam Disemai di Langit Riau Sejak Awal Tahun

26 Agustus 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Untuk hujan buatan dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kabupaten/kota, Provinsi Riau, telah disemai sebanyak 40.700 Kilogram (Kg) garam di awan Riau menggunakan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Garam disemai sejak Januari hingga 26 Agustus 2021," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Kamis 26 Agustus 2021.

"Sejak awal tahun sampai sekarang sudah 51 kali/sortei TMC dilakukan dengan total garam sebanyak 40.700 Kg," sambung dia.

TMC, sebut dia, dilakukan di kabupaten/kota yang rawan Karhutla, seperti Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Bengkalis, Rokan Hulu (Rohul), Indragiri Hilir (Inhil), Pelalawan, Indragiri Hulu (Inhu), Siak, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai. 

"Garam ditabur di potensi awan. Namun tak sembarang awan, tapi awan yang ada airnya. Itu dimonitor oleh BMKG, baru kita lakukan TMC," ujarnya. 

Hingga saat ini Provinsi Riau, sebut dia, telah mendapat tiga kali kontrak bantuan pesawat TMC dan personel dari pemerintah pusat. 

"Alhamdulillah usulan perpanjangan kontrak yang ketiga kali sudah disetujui, dan pesawat TMC sudah datang pekan lalu. Dan sudah melakukan TMC sebanyak 8 sorti dengan pemakaian bahan baku sebanyak 6.400 Kg garam," pungkasnya.*