Keberadaan Masjid di Lapas Narkotika Rumbai Diharap Bisa jadi Sarana Taubatan Nasuha

Keberadaan Masjid di Lapas Narkotika Rumbai Diharap Bisa jadi Sarana Taubatan Nasuha

20 Oktober 2021
Peresmian Masjid

Peresmian Masjid

RIAU1.COM - Peresmian Mesjid At-Taubah yang berada di kawasan Lapas Narkotika, Rumbai Pekanbaru dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar. Pembangunan mesjid ini sendiri bersumber dari bantuan CSR.

gigih 1

Gubri menyampaikan sejarah didirikannya Mesjid At-Taubah, merupakan amanah dari Menkumham, Yasonna H Laoly. Saat itu, Lapas Narkotika Rumbai menjadi tempat hunian sementara warga binaan Rutan Kelas IIB Siak yang bangunannya habis terbakar, karena adanya kerusuhan. 

Namun, Lapas Narkotika Rumbai yang baru selesai dibangun belum dilengkapi pembatas antara blok hunian dengan ruang perkantoran. Sehingga Yasonna meminta bantuan Pemprov Riau untuk dibangunkan. 

"Pembangunan ini tak terlepas adanya amanah Kemenkumham pak Yasona. Dulu tempat ini hunian sementara, waktu kerusuhan Lapas di Siak," kata Syamsuar.

Seiring dengan berjalannya waktu dan pembangunan yang terus menerus dilaksanakan di Lapas Narkotika Rumbai, akhirnya pembangunan pagar pembatas dialihkan menjadi bangunan Masjid At-Taubah dan lahan parkir untuk melayani masyarakat yang berkunjung ke lapas.

"Semoga Masjid At-Taubah ini dapat menjadikan kita dan seluruh warga binaan sebagai manusia yang taubatan nasuha. Dapat menjadikan kita menjadi manusia yang baik dan bertanggungjawab sehingga dapat diterima pada masyarakat luas," ujar Syamsuar lagi.*