Ini Arti Penting Desa Wisata Bagi Pergerakan Ekonomi Masyarakat Menurut Kadispar Riau

Ini Arti Penting Desa Wisata Bagi Pergerakan Ekonomi Masyarakat Menurut Kadispar Riau

24 Oktober 2021
Kadispar Riau, Roni Rakhmat

Kadispar Riau, Roni Rakhmat

RIAU1.COM - Ekonomi masyarakat desa bisa terus bangkit dengan hadirnya desa wisata. Hal itu lantaran desa wisata mampu mengangkat produk desa di mana segmentasi pasarnya pun sudah jelas.

Seperti itu harapan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) Provinsi Riau Roni Rakhmat untuk pengembangan desa wisata yang ada di Riau.

“Nah sebelumnya kan ada 8 desa wisata di Riau yang masuk dalam 300 desa wisata di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Pemenangnya nanti akan diumumkan sekitar akhir Oktober ini. Kami berharap geliat ekonomi masyarakat desa bisa bangkit lah dengan hadirnya desa wisata,” kata Roni akhir pekan ini.

Dia mengungkapkan, saat ini Riau memiliki sebanyak 1.859 desa wisata yang tersebar di masing-masing daerah di Provinsi Riau. Sejauh ini keberadaan desa wisata terhadap bangkitnya ekonomi masyarakat juga sudah dirasakan.

“Dampaknya sangat besar, ya. Karena yang mereka jual ya produk yang diproduksi dari desa mereka. Selain itu kegiatan-kegiatan yang dilakukan melibatkan masyarakat di desa setempat. Dari sisi penghasilan masyarakat tentu saja bertambah, dan dampak lainnya juga pada perputaran ekonomi masyarakat di desa,” kata Roni.

Dia menambahkan, nilai jual menjadi daya tarik dari desa wisata yakni hasil produk lokal yang diproduksi sendiri. Keunikan dan khas produk tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

"Potensi ekonomi di desa wisata sangat besar. Termasuk potensi pendapatan masyarakat dari perputaran ekonomi juga sangat menjanjikan, mengingat pengembangan potensi desa wisata berkaitan dengan destinasi wisata yang terdapat di daerah tersebut," tukasnya.*