Rabu, 01 Desember 2021

RIAU

Wagubri Akui Sumber Kearsipan Belum Terpenuhi Secara Merata

news24xx


Wagubri, Edy Natar/Net Wagubri, Edy Natar/Net

RIAU1.COM - Keberadaan arsip menurut Wakil Gubernur Riau, Edy Natar memiliki peran penting dalam menjamin aset nasional, baik di bidang ekonomi, sosial, politik, budaya pertahanan maupun keamanan sebagai identitas dan jati diri bangsa.

Baca Juga: Tolak RUU TPKS dan Cabut Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021, Kammi Gelar Aksi di DPRD Riau



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

"Untuk itu kita wajib mengelola arsip dengan sebaik-baiknya, sehingga peran arsip tersebut bisa dilaksanakan dalam pelaksanaan pemerintahan," kata Edy Natar.

Dijelaskannya, bahwa Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan. Dalam aturan ini disebutkan, bahwa penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang autentik dan tepercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal.

"Selain itu juga perlindungan hak-hak negara dan kepentingan hak-hak keperdataan, keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional dan mendeminisasikan penyelenggaraan kearsipan nasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik," paparnya.

Edy menyebut, bahwa yang menjadi tantangan kearsipan yang dihadapi saat ini diantaranya, kelembagaan dan kebijakan kearsipan yang belum sepenuhnya berjalan dengan optimal, arsip dinamis dan statis juga belum sepenuhnya terlaksana dengan optimal, pengamatan, pemanfaatan dan pelayanan arsip belum terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Pemprov Riau Dapat Penghargaan Khusus Karena Berhasil Raih Opini WTP Selama Lima Tahun Berturut-turut

"Tidak hanya itu, kebutuhan arsitaris sebagai sumber kearsipan pun belum terpenuhi secara merata," terangnya.*
 





loading...
Loading...