Status Siaga Darurat Karhutla Riau Berakhir, Ini Respon Korem 031 Wira Bima

Status Siaga Darurat Karhutla Riau Berakhir, Ini Respon Korem 031 Wira Bima

30 Oktober 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Demi menjaga Riau bebas dari kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Korem 031 Wira Bima mengaku tidak akan bergantung pada status siaga darurat Karhutla di Riau.

Penegasan tersebut disampaikan Kasrem 031 Wira Bima, Kolonel Inf Junaidi, usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengakhiran Status Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Karhutla provinsi Riau Tahun 2021. 

Mewakili Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, Kasrem mngatakan, meski status siaga darurat Karhutla di Riau dihentikan, namun seluruh personil jajaran Korem 031 Wira Bima, di pelosok daerah di Riau tetap melakukan monitoring dan selalu siap siaga untuk mengantisipasi terjadi Karhutla.

"Jadi kita tidak bergantung pada, ada tidaknya status Karhutla ini dan petugas kita terus melaporkan kondisi di masing-masih daerah terkait Karhutla ini," kata dia.

Bahwa pemantauan yang dilakukan, ujar dia, tidak hanya untuk Karhutla saja, tetapi juga bencana lainya, seperti musim hujan yang bisa menyebabkan banjir dimana-dimana.  

"Terutama pada daerah yang termasuk rawan banjir yang juga harus terus waspada dan cepat tanggap untuk  memberikan bantuan kepada masyarakat jika memang terjadi bencana. Ini memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai prajurit TNI AD yang selalu ada untuk masyarakat," ujarnya.

Kasrem mengungkapkan, terkait Karhutla sesuai paparan pihak BMKG Pekanbaru, saat ini dari tahun 2020 dan tahun 2021 ada penurunan lahan terbakar di Riau. Menurutnya, hal ini  merupakan salah satu kebanggan bagi semua dan Provinsi Riau.

"Jumlah penurunan ini bisa disampaikan kepada pemerintah pusat, sebagai bukti kerja keras semua pihak di Riau dalam mengatasi, mengantisipasi dan penanggulangan Karhutla di Riau. Hal ini juga tidak lepas dari kerja keras semua pihak terkait, terutama petugas dilapangan yang harus di apresiasi atas keberhasilannya mengatasi dan mengantisipasi terjadinya Karhutla," tuturnya.*