IKA Unri Tahun Ini Miliki Pusat Kegiatan Alumni dengan Aula Berkapasitas 300 Orang

IKA Unri Tahun Ini Miliki Pusat Kegiatan Alumni dengan Aula Berkapasitas 300 Orang

31 Oktober 2021
Usai pelantikan pengurus IKA Faperika Unri

Usai pelantikan pengurus IKA Faperika Unri

RIAU1.COM - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Riau (Unri), Wan Muhammad Hasyim melantik pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Perikanan dan Kelautan (Faperika) Unri periode 2021- 2024. 

Muhammad Hasyim dalam sambutannya menyebutkan motto IKA Faperika Unri dalam menjalankan organisasi adalah “Konsolidasi, Kolaborasi dan Kopetensi”. Menurut dia, hal tersebut merupakan pegangan utama untuk meningkatkan kekuatan alumni yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Jumlah alumni yang begitu besar merupakan sumberdaya yang luar biasa.

“Saat ini IKA–Unri tengah menggesa pembangunan pusat kegiatan alumni yang memilki aula berkapasitas 300 orang. Pusat kegiatan alumni ini nantinya akan menjadi wadah berbagai macam kegiatan, seperti wirausaha dan tempat diskusi alumni. Insya Allah tahun ini siap,” ungkapnya.

Wakil Dekan III Faperi-Unri, Sofyan Husein yamg hadir pada kesempatan itu mengatakan, bahwa perguruan tinggi tidak bisa lepas dari alumni. Hal ini karena peran alumni termasuk dalam tiga dari sembilan standar program Studi Perikanan dan Kelautan sebagai indeks kinerja utama.

“Peran alumni merupakan indikator keberhasilan pendidikan yang diselenggarakan program studi di perguruan tinggi. Serapan almuni di dunia kerja juga menjadi indeks kinerja utama, misalnya dari sisi kewirausahaan. Dengan kata lain, informasi kewirausahaan tersebut juga dapat menjadi jembatan antara alumni dan fakultas dalam bentuk kerja sama,” ungkapnya.

Sementara, Ketua IKA-Faperika Unri, Widjayanto usai dilantik menyampaikan, ucapan terima kasih atas amanah yang dipercayakan kepadanya. Ia meminta doa restu agar selama kepemimpinannya ke depan IKA Faperika dapat memberikan manfaat baik kepada anggota maupun masyarakat secara luas.

“Usai pelantikan kita langsung melaksanakan Rapat Kerja IKA Faperika sekaligus melaksanakan konsolidasi dan koordinasi antar pengurus terkait rencana program kerja ke depan,” pungkasnya.

Ketua IKA Faperika mengharapkan para alumni bisa bersaing terutama di era revolusi industry 4.0 dan menuju Indonesia Maju 2035. Formasi pengurus IKA Faperika–Unri berjumlah 48 orang yang membawahi sejumlah bidang.

Pada saat yang bersamaan juga dilakukan pengukuhan IKA Faperika Sumut yang diketuai Mulyadi Simatupang (Kepala DKP Sumut) dan Simpul Alumni DKP Riau yang diketuai Herman (Kepala DKP Riau).

Pada kesempatan itu Herman menyampaikan bahwa sumberdaya alumni ini begitu besar dan ada hampir seluruh Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya komunikasi untuk membentuk jejaring yang lebih luas melalui wadah IKA Faperika ini. Koloborasi antara DKP Riau dan IKA Faperika serta IKA-Unri diharapkan terus dapat berjalan sehingga dapat mewujudkan perikanan dan kelautan yang maju.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut yang juga Ketua IKA Faperika Sumut berharap kekompakan antar alumni harus selalu diwujudkan. Ini sangat penting sehingga ikatan alumni bisa menjadi kekuatan yang besar. Dan nantinya bisa bermanfaat buat alumni dan almamater.*