Kemendagri Gelar Lomba Festival Pantun hingga Festival Film Pendek, Berikut Penjelasan Kadiskominfotik Riau

Kemendagri Gelar Lomba Festival Pantun hingga Festival Film Pendek, Berikut Penjelasan Kadiskominfotik Riau

14 November 2021
Kadiskominfotik Riau, Chairul Riski

Kadiskominfotik Riau, Chairul Riski

RIAU1.COM - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Chairul Riski menyampaikan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berdasarkan edaran resmi, ada tiga kategori perlombaan yang digelar yaitu, lomba video klip mars Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), festival pantun nasional, dan festival film pendek yang terbuka untuk masyarakat umum.

Chairul Riski menerangkan, lomba video klip mars Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) menggambarkan kemajemukan suku, etnis, bahasa, adat istiadat, seni, budaya, serta kearifan lokal yang dimiliki Bangsa Indonesia.

Kegiatan ini hasil kerjasama Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri nomor 120.05-6809 tahun 2021.

Diterbitkan pada tanggal 13 Oktober 2021, tentang penunjukan panitia bersama dalam rangka penyelenggaraan lomba video klip Mars forum pembauran kebangsaan tahun 2021. Juga festival pantun nasional dengan tema aku pahlawan sejati bekerja sama dengan Badan Penghubung Pemerintah provinsi Riau, melalui Anjungan Provinsi Riau TMII.

Kemudian, ada juga kegiatan
Festival film dokumenter pendek, dengan tema merawat Bhinneka Tunggal Ika bekerja sama dengan insan Apresiasi Film Nusantara (AFN).

"Kemendagri juga menginginkan agar Pemda menayangkan pengumuman perlombaan dimaksud sebagaimana petunjuk teknis perlombaan terlampir di media informasi masing-masing Pemda," ujar Riski akhir pekan ini.

Riski juga menyampaikan, setiap Pemda juga diminta menyosialisasikan perlombaan dimaksud kepada organisasi perangkat daerah, dan anggota FPK atau pembinaan pemerintah daerah.

Lalu, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya, masyarakat sekolah, perguruan tinggi, sanggar seni budaya dan masyarakat umum melalui berbagai media sosial cetak dan lainnya,

"(Pemda diminta) mendorong dan mendukung partisipasi semua pihak di atas untuk ikut serta pada perlombaan dimaksud melalui koordinasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau sebutan lainnya," tuturnya.

Ia melanjutkan, terkait konfirmasi dan informasi lebih lanjut terkait perlombaan tersebut diatas, dapat menghubungi narahubung masing-masing perlombaan yaitu :

Lomba video klip mars FPK
Titin 081314851403
Wiro 08111988247

Festival Pantun Nasional
Elsa 081311261202
Rizal 087844338403

Festival Film Pendek Dokumenter
Rovina 082298638267
Ofin 081339372926