Jika Rekomendasi Keluar dan Disetujui KASN, Kamsol Bisa Dilantik jadi Kadisdik Pekan Ini

Jika Rekomendasi Keluar dan Disetujui KASN, Kamsol Bisa Dilantik jadi Kadisdik Pekan Ini

14 Desember 2021
Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan

Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan

RIAU1.COM - Uji kompetensi kepada calon Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau sudah selesai dilakukan Tim panitia seleksi (Pansel) pejabat tinggi pratama dilingkungan Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau.

Kemudian, hasil uji kompetensi tersebut dikirimkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi kepada calon Kadisdik Riau, yakni Kamsol yang saat ini menjabat Sekdakab Kepulauan Meranti dilakukan Sabtu lalu.

"Uji kompetensi calon Kadisdik Riau sudah selesai dilaksanakan. Hari ini juga kami serahkan ke KASN," kata Ikhwan, Senin (13/12).

Adapun yang melakukan uji kompetensi, sebut Ikhwan adalah tim pansel yang sebelumnya juga melakukan evaluasi tersebut pejabat eselon II Pemprov Riau yang diketuai oleh Prof Ashaluddin Jalil.  Selanjutnya hasil uji kompetensi tersebut selanjutnya diserahkan ke KASN untuk dilihat apakah proses uji kompetensi sudah sesuai aturan. Jika sudah maka selanjutnya KASN akan mengeluarkan rekomendasi untuk pelantikan.

"Jadi pihak KASN akan mengecek tahapannya, kemudian juga memeriksa beberapa dokumen. Kalau sudah sesuai, tinggal dikeluarkan rekomendasi pelantikan," tutur dia.

Sambung Ikhwan menjelaskan, jika rekomendasi tersebut bisa keluar dalam pekan ini juga, maka pelantikan terhadap calon Kadisdik Riau bisa langsung dilakukan. Pelantikan bisa dilakukan sendirian tanpa menunggu pejabat yang lainnya.

"Kalau rekomendasi sudah keluar, maka bisa langsung dilakukan pelantikan. Tanpa harus menunggu pelaksanaan assesmen pejabat lainnya. Kalau pekan ini keluar, maka bisa langsung dilakukan pelantikan," demikian Ikhwan.*