Sepanjang Tahun 2021, Sudah Puluhan Miliar Dana Pembangunan Diterima Kota Pekanbaru dari Pemrov Riau

Sepanjang Tahun 2021, Sudah Puluhan Miliar Dana Pembangunan Diterima Kota Pekanbaru dari Pemrov Riau

17 Desember 2021
Foto (istimewa)

Foto (istimewa)

RIAU1.COM - Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan, mengungkapkan Gubernur Riau, Syamsuar, sangat memberi perhatian khusus kepada Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau. 

Disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan juga internal DPRD Riau supaya anggaran yang diberikan ke Pekanbaru lebih banyak setiap tahunnya. 

"Sebagai Anggota DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru, kita mengucapkan terimakasih kepada Pak Gubernur karena sepanjang tahun 2021, Kota Pekanbaru menerima banyak anggaran pembangunan," ujar pria yang akrab disapa Iwan Fatah ini, Kamis (16/12/2021). 

Diakui Iwan, selama dia menjalani kegiatan kedewanan yang memungkinkan dia berjumpa dengan masyarakat, baik melalui reses maupun Sosialisasi Perda (Sosper), infrastruktur di Pekanbaru masih jauh dari kata layak. 

Berdasarkan pengamatannya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memiliki keterbatasan anggaran dalam membangun. Tak jarang pula, pembangunan yang skala prioritas masih luput dari perhatian Wali Kota Pekanbaru. 

"Makanya, lewat anggaran di provinsi, kami dari DPRD dan Pemprov hadir untuk memberi perhatian khusus kepada Pekanbaru. Ada banyak infrastruktur kewenangan kota yang akhirnya ditanggulangi oleh provinsi," terangnya. 

Loading...

Misalnya, ujar Iwan, jalan di belakang Masjid Agung An-Nur, jalan OK M Jamil di belakang MTQ, jalan menuju VIP Bandara, dan Jalan Teropong. Kemudian, ada pula jalan-jalan kelurahan yang dibangun oleh dana provinsi. 

Tak hanya jalan yang merupakan kewenangan kota saja, lanjut Iwan, Pemprov juga membangun jalan yang merupakan kewenangan Pemprov, yakni Jalan Pramuka dan Jalan Sembilang sampai bundaran Pertamina, dan di tahun 2022 akan dilanjutkan sampai ke Jalan Yos Sudarso. 

"Selain jalan, ada juga bantuan Rumah Layak Huni (RLH), total 161 unit dengan anggaran lebih kurang Rp 10 Miliar, yang insyaallah akan tuntas semua dalam beberapa hari kedepan. Kalau total semua, puluhan miliar sudah diberikan kepada Kota Pekanbaru, ini bentuk perhatian pak gubernur untuk Kota Pekanbaru," tutupnya.