Dinas Pendidikan Riau Punya Tugas Khusus: Jadikan Lulusan SMK Bisa Langsung Diterima di Dunia Kerja

Dinas Pendidikan Riau Punya Tugas Khusus: Jadikan Lulusan SMK Bisa Langsung Diterima di Dunia Kerja

19 Desember 2021
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Meningkatkan kualitas pendidikan menjadi satu diantara upaya dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing dan unggul di Provinsi Riau.

Seperti itu disebutkan Gubernur Riau, Syamsuar saat pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara organisasi Laskar Melayu. 

"Saat ini menjadi prioritas Pemprov Riau, khususnya di Dinas Pendidikan Riau untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus menciptakan link and match antara sekolah dengan dunia usaha. Sehingga diharapkan mampu mengurangi pengangguran, khususnya tamatan dari SMK," kata Syamsuar. 

"Alhamdulillah, Riau sudah ditetapkan menjadi perhatian pemerintah pusat dengan adanya program menara vokasi," sambung dia. 

Kemudian Syamsuar menambahkan, terkait program menara vokasi ini, Riau menjadi satu diantara lima daerah ditunjuk sebagai pelaksanaan vokasi yang dijadikan link and match antara sekolah kejuruan dengan dunia usaha.

Adapun lima daerah dilaksanakannya menara vokasi tersebut yakni, Provinsi Riau tepatnya di Kota Pekanbaru, Sulawesi Tenggara yaitu di Kolaka, Nusa Tenggara Barat di Labuan Bajo, Sumatera Utara di Medan, dan Kalimantan Barat di Kota Banjarmasin.

"Apa maksudnya disini (menara vokasi), agar nanti anak-anak dari SMK mereka langsung masuk ke dunia usaha setelah mereka melalui pendidikan, memiliki kompetensi sesuai dengan keahlian," ujarnya.

Gubri menambahkan, saat ini jika ingin mendaftar dan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, maka diperlukan keahlian dan sertifikasi sesuai kompetensinya. 

"Oleh karenanya, kerjasama dengan dunia usaha ini diharapkan mampu meningkatkan skill anak-anak SMK dan siap untuk bekerja setelah lulus," tutur dia.*