Kata Gubri, Tengku Buwang Asmara Sudah Sepantasnya Dapatkan Gelar Pahlawan

Kata Gubri, Tengku Buwang Asmara Sudah Sepantasnya Dapatkan Gelar Pahlawan

23 Desember 2021
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Seminar Usulan Pahlawan Nasional Sultan Siak Ke II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah (Tengku Buwang Asmara) diikuti Gubernur Riau, Syamsuar secara virtual.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Siak untuk memperjuangkan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah atau Tengku Buwang Asmara menjadi Pahlawan Nasional.

"Pemerintah Provinsi Riau sangat mengapresiasi langkah-langkah konkret yang telah diambil oleh Pemerintah Kabupaten Siak," ungkap Gubri H. Syamsuar. 

Kemduian menurut Gubernur Riau, sudah sepantasnya Tengku Buwang Asmara mendapatkan gelar Pahlawan. Ia menambahkan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah adalah dengan membentuk tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah yang terdiri dari unsur pimpinan daerah, tokoh masyarakat, akademisi, pakar sejarah dan ahli hukum.

"Semuanya itu dilakukan demi mempercepat proses pengusulan gelar Pahlawan kepada Tengku Buwang Asmara," ungkapnya.

Syamsuar bercerita bahwa Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah atau Tengku Buwang Asmara pernah berperang melawan pasukan belanda di Selat Buntung pada tahun 1752-1759. Jejak perjuangan beliau almarhum untuk kemerdekaan Republik Indonesia dan perannya menjadi Sultan Siak Ke II. Sehingga sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus menghargai jasa perjuangan beliau. Salah satunya dengan mengusulkan gelar Pahlawan Nasional.

"Kami juga telah melihat upaya masif dari pemerintah daerah seperti melakukan sosialisasi melalui media cetak maupun elektronik, pengumpulan dukungan dari berbagai pihak, mengadakan seminar serta mengidentifikasi dan mengumpulkan terkait bangunan dan jalan yang telah diberu nama Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah atau Tengku Buwang Asmara," ungkap H. Syamsuar. 

Untuk itu, Gubri mengatakan sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat melayu mendukung segala upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan terdahulu.

"Dengan ikut berpartisipasi dalam seminar ini, berarti kita juga ikut memperjuangkan dan mendukung untuk menyegerakan penganugerahan gelar Pahlawan bagi Tengku Buwang Asmara," tuturnya.*