Apresiasi Gubri untuk Pemkab Siak Upayakan Tengku Buwang Asmara Sebagai Pahlawan Nasional

Apresiasi Gubri untuk Pemkab Siak Upayakan Tengku Buwang Asmara Sebagai Pahlawan Nasional

25 Desember 2021
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Gubernur Riau Syamsuar melalui virtual menyampaikan, pemerintah Provinsi Riau mengapresiasi langkah-langkah kongkret yang sudah diambil oleh Pemerintah Kabupaten Siak dalam memperjuangkan Tengku Buwang Asmara menjadi Pahlawan Nasional.

"Kami atas nama pemerintah Provinsi Riau mendukung penuh upaya Pemda Siak, dalam pengusulan Tengku Buwang Asmara menjadi Pahlawan Nasional,"kata Syamsuar. 

Sebut dia, dibentuknya, tim-tim peneliti dan pengkaji dalam daerah yeng terdiri dari unsur pimpinan daerah, tokoh masyarakat, pakar sejarah, dan ahli hukum semua itu, digelar supaya mempercepat pengusulan Tengku Buwang Asmara menjadi Pahlawan Nasional.

"Sudah sepatutnya kita menghargai perjuangan dari Tengku Buwang Asmara dalam menegakkan maruah Kerjaan Siak dan Republik Indonesia sesama penjajahan, kami juga melihat usaha masif dari Pemerintah Kabupaten Siak dalam mengusulkan Tengku Buwang Asmara menjadi Pahlawan Nasional dengan melakukan sosialisasi baik melalui media cetak maupun elektronik serta pengumpulan dari semua pihak, mengadakan seminar dan juga mengidentifikasi serta mengumpulkan dokumen terkait bangunan dan jalan yang sudah diberi nama Sultan Mahmud Abdul Jalil Muaffar Syah atau Tengku Buwang Asmara,"pintanya. 

Dia juga berpesan agar generasi muda harus menghargai perjuangan Tengku Buwang Asmara dalam menegakkan marwah Kerajaan Siak dan Kemerdekaan RI.

"Sudah sepatutnya kita masyarakat melayu mendukung pemerintah daerah untuk mengenang perjuangan para pahlawan terdahulu dengan ikut berpartisipasi mengikuti seminar ini, berarti kita ikut memperjuangkan penganugerahan Tengku Buwang Asmara. Misi yang penting untuk memberikan dokumentasi utuh atas jasa para pahlawan kepada generasi seterusnya," tutur dia. *