Komunitas Guru Sastra Puisi dan Pantun Beri Gubri Penghargaan Khusus

Komunitas Guru Sastra Puisi dan Pantun Beri Gubri Penghargaan Khusus

27 Desember 2021
Saat penyerahan penghargaan

Saat penyerahan penghargaan

RIAU1.COM - Perkumpulan Rumah Seni Asnur (Perluas) mengggelar silaturahmi dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Senin (27/12). 

Pada kesempatan tersebut, Perkumpulan Rumah Seni Asnur menyerahkan piagam peserta terbanyak video pantun, piagam puisi peserta terbanyak, buku pantun, buku puisi dan tropi kepada orang nomor satu di Pemprov Riau tersebut. Piagam, buku dan tropi tersebut merupakan hasil karya sastra yang diperoleh oleh guru-guru yang terhimpun dalam Perluas Riau

Ketua Perluas Riau, Muhammad Nasir menjelaskan bahwa Perluas Riau adalah komunitas bagi guru yang ada di Bumi Lancang Kuning untuk menulis karya saatra berbentuk puisi dan pantun. Hingga kini Riau masih tercatat sebagai pencetak sastra terbanyak di Tanah Air. 

"Riau masih tercatat sastra terbanyak," ujarnya. 

Kemudian dijelaskan Nasir, Perluas juga sudah bergerak menghimpun guru untuk tingkat Indonesia dan Asean dalam menghasilkan karya-karya sastra berbentuk puisi dan pantun. 

"Sejak mulai bergerak, Perluas Riau sudah dua kali memperoleh Rekor Muri yakni ditahun 2018 dan 2021. Riau cukup antusias," tutur dia.

Pada esempatan tersebut, Syamsuar mengucapkan terimakasih dan tahniah kepada para sastra yang telah memperoleh berbagai penghargaan. 

Dengan prestasi tersebut, Gubri mengaku bangga karena Perluas Riau telah dinilai bisa membawa harum nama Riau ditingkan nasional dan internasional. 

"Terimakasih, dan kami juga mengucapkan tahniah kepada guru-guru yang telah memperoleh prestasi dan penghargaan. Saya bangga," ujar Gubri. 

Ia berharap Perluas Riau tidak hanya berpuas diri sampai capaian tersebut, namun dapat berkembang sepanjang zaman. 

Tidak hanya itu, Gubri menyebutkan bahwa akan terus mendukung Perluas Riau untuk terus mengembangkan sayap. Dengan harapan akan lahir generasi-geberasi penerus yang akan membawa nama baik Provinsi Riau hingga kancah internasional. 

Bahkan, Syamsuar langsung memberikan fasilitas ruangan untuk Perluas Riau yang berlokasi di Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau

"Kita sudah sediakan kantor untuk Perluas Riau bisa terus berkarya yang berlokasi di Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau," sebut dia.*