Heboh, Satu Anggota KPID Riau Yang Dilantik Masih Aktif Sebagai Karyawan Bank Bukopin

Heboh, Satu Anggota KPID Riau Yang Dilantik Masih Aktif Sebagai Karyawan Bank Bukopin

10 Januari 2022
Ade Agus Hartanto

Ade Agus Hartanto

RIAU1.COM - Salah satu anggota anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau yang dilantik belum lama ini diduga masih aktif sebagai karyawan bank di Pekanbaru. 

Informasi masih aktifnya satu anggota KPID itu berdasarkan laporan dari LSM yang masuk komisi I DPRD Riau

Ketua komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto saat dikonformasi perihal informasi tersebut membenarkannya.

"Iya kita mendapatkan laporan satu orang anggota KPID yang dilantik masih aktif sebagai karyawan bank. Untuk itu akan segera kita panggil, yang bersangkutan serta tempat dia berkerja,"kata ketua komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto di DPRD Riau. Senin (10/1/2022).

Menurutnya sesuai fakta integritas yang ditandatangani komisioner KPID yang dilantik harus berkerja paruh waktu. Dan jika ada anggota yang masih berkerja ditempat lain berarti telah mengangkangi fakta integritas yang disepakati.

"Nah kalau masih aktif kerja di bank setelah terpilih dan dilantik, berarti ia melanggar pernyataan dan pakta integritas yang dibuat. Dan kalau sudah melanggar komitmen dan pakta integritas tersebut, bisa saja kita usulkan untuk diganti,"kata Ade lagi.

Ade menyebutkan anggota KPID yang dilaporkan itu berinisial R berkerja di bank Bukopin.

Ditanya soal DPRD Riau dan Panitia seleksi (Pansel) kecolongan terkait masalah ini, politisi PKB tersebut menepisnya.

"Tidaklah benar kami kecolongan, karna mulai mendaftar hingga menandatangani fakta integritas track record semua calon KIP dan KPID sudah dibaca dan ditelusuri,"terangnya.

Apalagi lanjut Ade, pihaknya telah melakukan tahapan-tahapan seleksi uji publik. Dan hasilnya tidak ada masukan calon KIP dan KPID ini.

"Dan sekarang muncul fakta baru apakah benar atau tidak, hari ini kita akan rapat internal komisi, karna jika terbukti, sesuai fakta integritas yang ditandatangani antara calon kita lakukan Pengganti antar waktu (PAW) jika itu benar,"ujar Ade lagi.

Seperti diketahui, pada Desember 2021 lalu, telah terpilih tujuh orang komisioner KPID Riau. Bahkan, ketujuh orang tersebut telah dilantik oleh Gubernur Riau, Syamsuar. Komisioner KPID Riau terpilih tersebut adalah Robert Satria, Bambang Suwarno, Mario Abdillah, Ahmad Rayhan, Raga Perwira, Falzan Surahman dan Hisan Setiawan.