Beasiswa Tetap Disalurkan saat Pandemi, Kata Kadisdik Riau Komitmen Majukan Dunia Pendidikan

Beasiswa Tetap Disalurkan saat Pandemi, Kata Kadisdik Riau Komitmen Majukan Dunia Pendidikan

30 Januari 2022
Kadisdik Riau, Kamsol

Kadisdik Riau, Kamsol

RIAU1.COM - Saat ini dalam bidang pendidikan, telah terjadi perubahan pola dan sistem pembelajaran, yakni dari pertemuan tatap muka, menjadi pertemua jarak jauh, dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Penerapan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir atau memakai hand sanitizer, telah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Semua itu adalah untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Meski begitu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Kamsol, mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengaku tetap berkomitmen untuk meningkatkan derajat pendidikan masyarakat. 

Hal itu dibuktikan dengan mengalokasikan anggaran bantuan sosial pendidikan bagi 2.684 mahasiswa kurang mampu, beasiswa pendidikan program Bidikmisi bagi 2.400 mahasiswa, dan beasiswa berprestasi jenjang S1, S2 dan S3 bagi 3.400 mahasiswa yang menempuh pendidikan di dalam dan luar negeri. 

"Beasiswa berprestasi ini juga diperuntukkan bagi penghafal Al-Quran atau tahfiz," kata Kamsol dalam acara Bedah Kampus Universitas Diponegoro di Pekanbaru, Ahad (30/1/2022).

Loading...

Pendidikan, kata Kamsol, merupakan kunci utama bagi suatu negara untuk mengasah sumber daya manusia dan mewujudkan kesejahteraan nasional. SDM yang cerdas dan berkarakter, sebutnya, merupakan suatu prasyarat dalam terbentuknya peradaban yang tinggi. 

"Untuk itu, belajarlah, karena dengan belajar kita bisa mengubah peradaban dunia," ungkap Kamsol.

Kamsol juga mengajak perusahaan-perusahaan di Riau untuk turut berpartisipasi melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) di bidang pendidikan.*