Riau akan jadi Sentral Design Besar Olahraga Nasional Cabang Dayung

Riau akan jadi Sentral Design Besar Olahraga Nasional Cabang Dayung

9 Februari 2022
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Keinginan Gubernur Riau, Syamsuar, untuk menjadikan Provinsi Riau sebagai sentral Design Besar Olahraga Nasional (DBON) diapresiasi  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Satu di antara cabang olahraga (Cabor) yang diajukan Syamsuar adalah Cabor Dayung.

DBON merupakan salah satu komitmen Presiden Joko Widodo untuk memajukan olahraga nasional. Hal itu pun telah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON.

Menpora Zainudin Amali usai menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Riau Syamsuar sebagai inisiator Olahraga Indonesia dari Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI, Selasa (8/2) di Kota Kendari mengatakan, bahwa ia akan mempertimbangkan keinginan Provinsi Riau akan menjadi sentral pembinaan DBON.

“Kita berharap di seluruh provinsi itu menjadi sentral. Kita mulai bertahap dari 10 dulu. Paling tidak ada satu cabang yang bisa digarap di Riau. Itu akan kita perhatikan. Yang penting ini jalan dulu 2022 ini,” ujar Menpora Zainudin Amali. 

Dijelaskan Menpora, saat ini di sejumlah provinsi sudah melakukan pembinaan bagi atlet-atlet dari pelajar di Pusat Pendidikan Pelatihan Pelajar (PPLP). Menurutnya, nanti daerah bisa mensinkronkan cabor yang ada di PPLP dengan cabor yang masuk di DBON. 

“Kita punya PPLP di 34 provinsi, itu akan lebih kita tingkatkan lagi. Semuanya cabor yang ada di DBON, jadi tidak melebar seperti yang ada sekarang. Kita akan fokus pada cabang olahraga yang kita harapkan berprestasi,” kata Menpora. 

Adapun cabang olahraga yang masuk dalam DBON yaitu, Bulutangkis, Angkat Besi, Panjat Tebing, Panahan, Menembak, Wushu, Karate, Taekwondo, Balap Sepeda, Atletik, Renang, Senam Artistik, Pencak Silat dan Dayung.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, ia telah menyampaikan apa yang menjadi keinginan Riau untuk menjadi satu di antara central pembinaan DBON. 

Riau saat ini telah menjadi provinsi yang pembinaannya cukup baik. Bahkan Riau menjadi daerah yang memiliki prestasi terbaik se Sumatera, baik di PON maupun pada Porwil.

“Alhamdulillah, kami tadi sudah mendapatkan arahan dari Pak Menteri, untuk ikut mensukseskan Design Besar Olahraga Nasional. Sesuai arahan Pak Menteri, nanti kami akan menyiapkan tim di provinsi, tentunya sesuai dengan yang diinginkan. Kami menyambut baik apa yang diusulkan oleh Pak Menteri. Cabor Dayung yang diajukan,” kata Gubri.

“Karena atlet Dayung asal Riau berprestasi dan menjadi andalan Riau di Asian Games kemarin. Ini mudah-mudahan bisa menjadikan Riau menjadi pusat atau centra pembinaan Design Besar Olahraga Nasional di Riau,” tambahnya.

Dijelaskan Gubri, untuk mendukung program tersebut, pihaknya akan mesosialisasikan apa yang telah diprogramkan oleh Menpora, sesuai dengan Peraturan Presiden tentang perubahan pembinaan olahraga Nasional melalui DBON. Dijadwalkan, Menpora akan berkunjung ke Riau untuk melihat kondisi perkembangan olahraga di Riau.

“Menpora juga akan berkunjung ke Riau, sekaligus nanti akan mesosialisasikan Keppres itu. Lalu, meninjau venue-venue yang ada di Riau, dan cukup banyak setelah penyelenggaraan PON di Riau. Tentunya ini akan kita tindaklanjuti sesuai dengan komitmen kami, meningkatkan prestasi nasional melalui DBON,” ungkap Gubri.