Keunggulan Budaya Melayu Kata Kadispar Riau, Menjadi Modal Bangun Kreativitas

Keunggulan Budaya Melayu Kata Kadispar Riau, Menjadi Modal Bangun Kreativitas

19 Maret 2022
Kadispar Riau, Roni Rakhmat

Kadispar Riau, Roni Rakhmat

RIAU1.COM - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, membuka karya riau bertuah fashion show dan showcasting yang berlangsung di Atrium Mall Living World, Pekanbaru.

Dalam sambutannya Roni mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia karena ikut berupaya membantu perekonomian Riau saat ini.

"Terimakasih, karena ini merupakan kewajiban kita bersama bukan hanya salah satu pihak saja. Akan tetapi, ini semua berkewajiban kita bagaimana bisa meningkatkan perekonomian di Riau saat Covid-19 ini," ucapnya.

Seluruh pihak, ucap Roni, harus tetap berkolaborasi sehingga bisa melewati pandemi Covid-19 dengan baik kedepannya. "Selain itu, dengan kolaborasi kita bisa menjamin bahwa para pelaku usaha ini betul-betul bisa bertahan pada kondisi sekarang," kata Roni.

Riau, sambung Roni, memiliki salah satu keunggulan, yaitu budaya Melayu, dan ini merupakan modal dasar dalam melaksanakan berbagai kegiatan, membuat suatu kreativitas.

"Kita sudah mengetahui beberapa karya anak-anak Riau yang sudah sangat ternama dan bahkan sudah ada yang sampai ke internasional. Dimana ini merupakan kebanggaan bagi kita bersama," tambahnya.

Roni juga mengapresiasi semua usaha yang telah dilakukan para pelaku usaha dan pengrajin ini karena bisa bertahan dengan ciri khas Riau walaupun Covid-19 masih melanda.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Riau Muhammad Nur, menuturkan bahwasanya kegiatan karya Riau Bertuah ini merupakan kegiatan pengembangan untuk tenun.

"Karena memang kegiatan ini menjadi salah satu hal yang rutin dilakukan oleh Bank Indonesia untuk membantu mengembangkan seni dari Provinsi Riau," tuturnya.

Muhammad Nur juga menyampaikan, pada saat pandemi mulai melanda Indonesia bisa dilihat banyak kegiatan-kegiatan UMKM yang sangat terpengaruh akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah mencanangkan satu program nasional seperti bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata Indonesia.

"Nah, semua yang kita lakukan ini untuk menjadi bagian dari program pemerintah bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata Indonesia," sebut dia.*