Rabu, 06 Juli 2022

RIAU

Syamsuar Yakinkan Pejabat Malaysia Pentingnya Pembangunan RoRo Dumai-Melaka

news24xx


Saat pertemuan Saat pertemuan

RIAU1.COM - Saat pertemuan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menemui Yang Dipertua Negeri Melaka Tun Dato Seri Utama H Mohd. Ali Mohd. Rustam, di Istana Negeri Melaka Malaysia, Sabtu (28/5/2022) Syamsuar menjelaskan bagi Pemerintah Indonesia melalui Menteri Perdagangan sudah menunjuk Riau sebagai pusat perdagangan yang ada di wilayah Sumatera.

Baca Juga: Pra-UKW dan UKW Gratis akan Digelar SPS Riau bersama PWI Riau

"Jadi Riau ditunjuk sebagai pemasar komoditi dari berbagai ekspor yang bisa dikirim ke negeri Malaysia dan Thailand. Untuk hubungan sosial budaya jelas, apalagi kita ini satu rumpun, tentu banyak kemajuanlah," jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya sangat mendukung pembangunan ini untuk kemajuan Indonesia dan juga Malaysia.

"Apalagi dari segi ekonomi kita punya komoditi yang dapat dipasarkan ke Malaysia dan Malaysia juga bisa memasarkan komoditi dari Malaysia ke Indonesia melalui Roro Dumai Melaka yang kita harapkan ke depan seperti itu," imbuh Syamsuar.

Gubri juga menuturkan bahwa projek RoRo Dumai Melaka ini telah mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak.

"Pembangunan RoRo Dumai-Melaka ini masuk RPJMN yang artinya program Pak Presiden selama 5 Tahun sampai 2024," tuturnya.

Oleh karena itu, komitmen antara kedua belah pihak sampai saat ini tetap berlangsung dan akan tetap dilaksanakan. Ia juga menyatakan pihaknya akan terus mendorong dan memberikan yang terbaik jika terjadi kendala di Melaka.

"Pada saat ini Presiden juga sudah membangun jalan Tol Sumatera mulai dari Lampung menuju Aceh termasuk di Riau. Jika pembangunan Tol Sumatera ini berhasil tentunya membuat kemajuan yang luar biasalah bagi Indonesia dan Malaysia," ujar Gubri.

Pihaknya juga memastikan bahwa Pembangunan Roro Dumai Melaka ini juga akan membantu meningkatkan Industri Pelancongan.

Baca Juga: Acara Puncak HUT SPS ke 76 di Riau, Berikut Rangkaian Kegiatannya

"Pasti itu, pembangunan Roro Dumai Melaka ini akan memajukan sektor pariwisata, termasuk juga ekonomi kreatif dan sebagainya. Saya fikir itu sudah pasti," tutupnya.*





loading...
Loading...