PPDB SMA Negeri, Kadisdik Riau Klaim Tidak Ada Kendala Teknis

PPDB SMA Negeri, Kadisdik Riau Klaim Tidak Ada Kendala Teknis

29 Juni 2022
Plt Kadisdik Riau, Job Kurniawan

Plt Kadisdik Riau, Job Kurniawan

RIAU1.COM - Sejauh ini, berdasarkan pengakuan Plt Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau Job Kurniawan, tak ada kendala berarti dalam pelaksanaan PPBD Online di Provinsi Riau.

“Selain kita didukung dengan teknologi, kami juga sudah mempersiapkan SDM yang mumpuni. Jadi kalau untuk kendala-kendala teknis di PPDB Online, sejauh ini tidak ada,” katanya, Selasa (28/6).

Dia juga meminta kepada orangtua/wali murid untuk memaklumi kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. 

“Secara umum sistem ini memang baru, dan kami sudah kawal (proses PPDB Online) sebaik-baiknya. Kami juga sudah menyiapkan kolom pengaduan di sana. Kami baca semua keluhan-keluhan yang masuk,” katanya.

Kemudian ia juga mengakui, dalam proses PPDB Online memang ada beberapa syarat yang dianggap menyulitkan peserta. Namun dia menyebut, hal tersebut bukan bertujuan untuk menyusahkan masyarakat. “Tapi memang sistem zonasi-nya begitu,” tambahnya.

Loading...

Oleh sebab itu, kata dia, kesadaran masyarakat untuk memaklumi sistem yang diberlakukan saat ini, sangat diperlukan pemerintah. Sementara langkah perbaikan, kata dia, pasti akan dilakukan setelah adanya evaluasi dari PPDB Online di tahun ini.

“Keterbatasan daya tampung sekolah juga perlu dimaklumi kan. Tidak semua orang bisa masuk di sekolah (yang diinginkan), dan tak mungkin bisa ditampung dengan peminat sebanyak itu. Itulah perlu adanya seleksi, ada zonasi, prestasi dan mutasi,” tukasnya.*