PAD Belum Memuaskan, BUMD Riau Ditekankan Tingkatkan Deviden

PAD Belum Memuaskan, BUMD Riau Ditekankan Tingkatkan Deviden

29 Juni 2022
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto

Sekdaprov Riau, SF Hariyanto

RIAU1.COM - Rapat Penyampaian Target Dividen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Riau Tahun Anggaran 2023 dipimpin langsung Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto.

Dalam bahasan rapat tersebut, membahas proyeksi pendapatan dividen BUMD Tahun 2023 dan menyepakati target penerimaan Pendapatan Asli Daerah dari Hasil Pengelolaan Kekayaan yang dipisahkan berupa deviden BUMD Provinsi Riau untuk Tahun Anggaran 2023.

Sekda SF Hariyanto menyampaikan, dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut BUMD harus menerapkan tata kelola yang lebih baik sehingga mendapatkan dividen sesuai target.

"BUMD harus menyusun target deviden sesuai dengan aturan dalam Pemendagri Nomor 118 Tahun 2018 tentang Rencana Bisnis, Rencana Kerja dan Anggaran, Kerjasama, Pelaporan dan Evaluasi Badan Usaha Milik Daerah," kata dia.

"Terus terang saja kita Pemerintah Provinsi Riau tahun 2022 ini PAD masih belum memuaskan” ujar Sekda saat membuka rapat. 

Untuk itu, Sekdaprov Riau mendorong BUMD untuk terus meningkatkan kinerja dan kontribusinya kepada daerah dalam bentuk deviden. Jadi, rapat ini perlu dilakukan sehingga bila ada koreksi dapat disesuaikan pada saat perubahan. 

"Karena kegiatan yang perlu dilakukan cukup banyak, seperti kegiatan-kegiatan Pak Gubernur dalam kunjungan, perbaikan jembatan mangkrak di kabupaten/kota ini perlu dituntaskan. Sementara pendapatan kita masih begini-begini saja. Justru itu kita bahas, jadi jika tidak sesuai nanti disesuaikan," tuturnya.*