Rangkaian Acara HUT Riau Tahun 2022: Kompetisi E-sport hingga Olahraga Tradisional

Rangkaian Acara HUT Riau Tahun 2022: Kompetisi E-sport hingga Olahraga Tradisional

22 Juli 2022
Ketua Panitia HUT Riau, Roni Rahmat

Ketua Panitia HUT Riau, Roni Rahmat

RIAU1.COM - Sejumlah rangkaian acara akan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65  Provinsi Riau pada tanggal 9 Agustus 2022 mendatang.

Hari jadi tersebut pun telah dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau mulai dari tanggal 1-27 Agustus mendatang.

Selaku Ketua Panitia, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat menjelaskan pada tanggal 1 Agustus akan dilaksanakan Kompetisi E Sport. Kemudian untuk tanggal 7 Agustus terdapat senam massal yang dilakukan di Jalan Gajah Mada dan Kompetisi Olahraga Tradisional.

“Kita mulai dari tanggal 1 ada kompetisi E Sport, lalu di tanggal 7 akan ada kegiatan senam masal yang nantinya bisa diikuti oleh masyarakat. Nanti juga di senam massal itu kita akan mempersiapkan doorprize, serta menyediakan tempat vaksin dan juga diharapkan pada setiap OPD dapat menyiapkan 300 porsi makanan untuk masyarakat. Pada hari yang sama di taman budaya terdapat juga kompetisi olahraga tradisional yang dilakukan beberapa hari,” papar Roni, Kamis (21/07).

Ia juga menerangkan, pada tanggal 8 Agustus Pemprov Riau menggelar pasar murah di Pasar Tani BBI Marpoyan Damai. Untuk 9 Agustus menjadi perayaan puncak yaitu melaksanakan upacara peringatan HUT Riau.

“Dalam upacara 9 Agustus tersebut nantinya akan ada medley lagu dari 12 Kabupaten/Kota dan pemberian penghargaan untuk anak Riau yang berprestasi,” terangnya.

Selanjutnya, Ia mengatakan pada 10 Agustus terdapat kegiatan Seminar BPS Provinsi Riau dan tanggal 13 Agustus akan ada kegiatan Riau Berzikir yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Riau. 14 Agustus diselenggarakannya Riau Fashion Week di Halaman Rumah Tuan Kadi, dan Touring Motor dari Kota Pekanbaru menuju Tahura Minas.

Kemudian, ia menambahkan untuk 18 Agustus terdapat Pawai Budaya, setelah itu ada acara Kenduri Rakyat di Jalan Gajah Mada. 20 Agustus Golf HUT Riau Cup, 21 Agustus Gowes sepeda. Masih ditanggal 21 Agustus akan dilaksanakannya Pacu Jalur di Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan singingi, dan 23-27 Agustus ditutup dengan Global Musik.

“ Untuk Pacu Jalur itu nantinya akan dimulai pada tanggal 21 dan berakhir pada 24 Agustus. Dan acara penutup kita ada Global Musik yaitu penampilan baik dari band daerah kita mau pun daerah provinsi tetangga, yang nantinya masyarakat dapat gratis untuk menyaksikannya. Jadi itulah yang telah kami persiapkan, dan kami juga perlu saat ini masukan dari bapak Gubernur,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa kegiatan yang dipersiapkan tersebut telah baik. Namun, Gubri menginginkan kegiatan seperti bakti sosial kemasyarakat lebih ditonjolkan.

“Saya harap kegiatan bakti sosial lebih ditunjukkan, entah itu kita saling berbagi atau juga bisa menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat, jadi nanti masyarakat benar benar bisa merasakannya.” harapnya.*