PMRJ Ikut Meriahkan Pawai Budaya Rangkaian HUT Riau

PMRJ Ikut Meriahkan Pawai Budaya Rangkaian HUT Riau

21 Agustus 2022
Penampilan PMRJ di pawai budaya

Penampilan PMRJ di pawai budaya

RIAU1.COM - Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) tampil memukau dihadapan Gubernur Riau H. Syamsuar, pejabat dan para tamu undangan pada pelaksanaan Pawai Budaya yang ditaja Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Sabtu (20/8) di halaman Gedung Daerah Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Pawai budaya yang dihadiri ribuan peserta itu, berlangsung meriah. Berbagai atraksi dan penampilan pakaian adat disuguhkan dalam acara Pawai Budaya tersebut. Salah satunya seperti penampilan Flashmob yang dibawakan oleh PMRJ yang digagas oleh Ketua PMRJ, Komjen Pol. Prof DR Gatot Eddy Pramono berhasil memukau para penonton. 

Ketua Harian PMRJ, Setri Yasra mengatakan, penampilan Flashmob yang dipersembahkan oleh PMRJ merupakan
perpaduan kental Budaya Melayu dan musik kekinian dengan tema 'Spirit of Malay'. Merupakan sebuah karya tari baru yang berangkat dari kearifan lokal Budaya Melayu Riau yang diikuti puluhan peserta.

"Ini bentuk kontribusi PMRJ sebagai paguyuban perantau di Jakarta dalam rangka memeriahkan HUT ke-65 Provinsi Riau dan juga sebagai doa dan harapan agar Riau semakin baju dan berkembang," ujar Setri Yasra, Sabtu (20/8).

Setri Yasra menjelaskan, pilihan membuat Flashmob dengan Tari Zapin khas Riau adalah ide Ketua Umum PMRJ Komjen Pol Prof Dr Gatot Eddy Pramono, MSi untuk bisa semakin mengangkat tari tradisional dengan kemasan modern. Tujuan agar kita semua semakin cinta budaya seni Riau, dan terus berkontribusi memajukan Riau.

Dalam sambutannya, Gubri H. Syamsuar memberikan apresiasi pada kegiatan yang melibatkan warga Riau yang berasal dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus untuk mempererat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat Riau

"Dalam kegiatan ini banyak warga Riau yang berasal dari berbagai suku bangsa,"ujar Gubri Syamsuar. 

Gubernur Syamsuar mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi masyarakat dalam rangka meramaikan Pawai Budaya yang sudah lama dinantikan masyarakat Riau

Gubri Syamsuar berharap kegiatan ini bisa diadakan setiap tahun untuk mempererat silaturahmi. Sekaligus menjaga agar rasa persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan tetap terpelihara dengan baik. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan keikutsertaan seluruh masyarakat dalam meramaikan Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau dan HUT ke-77 Republik Indonesia," ucap Syamsuar. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zein mengatakan bahwa Pawai Budaya tahun 2022 ini menampilkan kebudayaan dari berbagai suku di Indonesia. Mulai dari Nangroe Atjeh Daroesallam hingga ke Papua.

"Pawai Budaya dalam rangka perayaan HUT  ke- 77 RI dan HUT ke-65 Provinsi Riau yang  diikuti oleh warga Riau yang berasal dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan ditengah masyarakat Riau," terangnya.

Menurutnya, kegiatan Pawai Budaya tahun 2022 ini diikuti sedikitnya 4000 an warga Riau dari berbagai suku. Mereka menampilkan pakaian dan penampilan adat istiadat dari daerahnya masing masing. ***