Kotak Tisu hingga Tas dari Kelapa Sawit Diperkenalkan di Expo UMKM DJPB Riau

Kotak Tisu hingga Tas dari Kelapa Sawit Diperkenalkan di Expo UMKM DJPB Riau

23 Agustus 2022
Stand expo yang ditinjau pengunjung

Stand expo yang ditinjau pengunjung

RIAU1.COM - Expo UMKM dibidang kelapa sawit yang ditaja oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu di Halaman Kakanwil DJPB Provinsi Provinsi Riau, Selasa (23/8) ditinjau langsung Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar.

“Ini perlu dukungan Kemenkeu, agar nanti industry yang dikelola UMKM ini bisa maju dan meningkat. Mereka sudah bisa sekarang ekspor contohnya dari tas, kerajinan dari limbah sawit ini,” kata Syamsuar pada kesempatan tersebut.

Adapun UMKM yang mengikuti expo ini diantaranya, DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia, Koperasi Sawit Setara Berkelanjutan, Asosiasi Kelapa Sawit PIR, yang mana menjual produk hasil olahan sawit seperti minyak goreng.

Selain itu, terdapat pula UMKM seperti Samade, dan Rumah Tamadun yang menjual pakaian khas Riau seperti tanjak, songket, tenun dan kerajinan seperti sapu lidi, keranjang anyaman, dan tas.

Hendra Dermawan yang merupakan owner dari Rumah Tamadun menuturkan produk yang ia jajakan merupakan hasil dari olahan limbah sawit.

Hal ini tentu sejalan dengan program pemerintah yaitu ekonomi sirkular untuk mewujudkan pembangunan ekonomi global berkelanjutan.

“Ada tas dan ada tepak, kotak tisu, piring dan mangkok dari lidi sawit dan produk lainnya,” ujarnya.*