DPR RI Kunjungi Riau, Bahas Pembentukan Asosiasi Anggota Parlemen Bebahasa Melayu

DPR RI Kunjungi Riau, Bahas Pembentukan Asosiasi Anggota Parlemen Bebahasa Melayu

6 September 2022
Saat kunjungan DPR RI

Saat kunjungan DPR RI

RIAU1.COM - Sebagai upaya persiapan pembentukan Asosiasi Anggota Parlemen Berbahasa Melayu (AAPBM) atau Association of Melayu Speaking Parliamentarians, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima kunjungan kerja (Kunker) dari Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Pertemuan yang berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit tersebut dihadiri oleh Sekdaprov Riau, SF Hariyanto, tokoh masyarakat Riau, Lembaga Adat Melayu Riau, akademisi, mahasiswa, dan lain sebagainya.

Sekdaprov Riau menyampaikan, dalam pertemuan tersebut, DPR RI mendengarkan masukan-masukan dari pihak-pihak yang telah diundang dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembentukan AAPBM.

Jelasnya, masukan dari para tokoh di Riau ini menjadi bahan pertimbangan bagi BKSAP DPR RI kedepannya dalam  dalam persiapan pembentukan AAPBM tersebut. 

"Ini kan (pertemuan bersama DPR RI) baru masukan kira-kira apa masukan kita," ucapnya, Selasa (6/9/22).

SF Hariyanto menyebutkan, banyak masukan yang disampaikan kepada tim yang berkunjung ke Riau ini dalam rangka penyempurnaan pembentukan Asosiasi Anggota Parlemen Berbahasa Melayu tersebut.

Terangnya, masukan dari tokoh masyarakat Riau juga mengharapkan agar dikaji ulang usulan tersebut. Sehingga diharapkan Bahasa Melayu dapat menjadi bahasa kerja dalam momentum Inter Parliamentary Union (IPU) perkumpulan antar parlemen dunia dan ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA).

"Intinya kita sangat menyambut baik dalam rangka kunjungan kerja ke sini (Riau) untuk dengar masukan dari kita," ucapnya.

Hadir dalam Kunker DPR RI tersebut, Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon, Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Mardani Ali Sera, Anggota BKSAP DPR RI Irene Yusiana Roba Putri.