Konsolidasi SPBE, BPIP Kunjungi Rokan Hilir

Konsolidasi SPBE, BPIP Kunjungi Rokan Hilir

7 Oktober 2022
BPIP di Rokan Hilir

BPIP di Rokan Hilir

RIAU1.COM - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Rokan Hilir menyambut kunjungan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Ruang Command Centre Diskominfotiks Rohil. 

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka konsolidasi tentang Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) dan pengelolaan reformasi birokrasi berbasis aplikasi. Tim BPIP disambut langsung oleh Kadis Kominfotiks Indra Gunawan.

DR, Drs Yakob mewakili BPIP mengungkapkan, kedatangannya ke Diskominfotiks Rohil adalah untuk sharing informasi mengenai SPBE dan pengelolaan aplikasi berbasis tehnologi. 

Dalam paparannya, Yakob mengutarakan agar Diskominfotiks membuat roadmap SPBE sesuai dengan visi dan misi Bupati Rokan Hilir demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel. Selain itu juga untuk menunjang pelayanan publik yang berkualitas serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi.

"Saya sangat apresiasi Bupati Rohil yang berpemikiran teknologi. Tidak ada Bupati seperti ini. Inilah pentingnya kami memberikan masukan agar Diskominfotiks Rohil bisa mengadopsi teknologi informatika seperti daerah lain," katanya.

Yakob yang juga mantan kepala pusat data dan teknologi BPIP menjelaskan, aplikasi sifatnya parsial. Misalnya aplikasi kinerja yang relasinya ke absensi, tukin, cuti dan sebagainya, semua itu dalam satu dashboard dalam bentuk smart form. 

Kemudian, dia juga menyinggung seandainya Diskomintotiks Rohil ingin mengajukan anggaran ke pusat harus clearence ke Kementrian Kominfo atas Pengadaan Belanja Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah.

"Semuanya akan difasiltasi Kementrian Kominfo baik aplikasi maupun infrastrukturnya," terangnya.*