238 Puskesmas di Riau Belum Bisa Jangkau Seluruh Masyarakat

238 Puskesmas di Riau Belum Bisa Jangkau Seluruh Masyarakat

4 Februari 2023
Salah satu Puskesmas di Indragiri Hilir

Salah satu Puskesmas di Indragiri Hilir

RIAU1.COM - Agar bisa menjangkau pelayanan lebih luas kepada masyarakat, maka dinilai perlu Puskesmas di beberapa kecamatan untuk dapat dipecah.

Saat ini, Riau sudah memiliki sebanyak 238 Puskesmas tersebar di seluruh kecamatan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, saat ini terdapat 238 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Riau. Jumlah ini sudah tersebar di seluruh kecamatan.

Namun, dengan kondisi geografis Riau, sangat mungkin ratusan Puskesmas tersebut belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Riau dalam memberikan pelayanan kesehatan maksimal.

“Untuk satu Puskesmas per kecamatan sudah terpenuhi untuk saat ini. Hanya saja kita harapkan berdasarkan konsep geografis wilayah, kalau ada yang sangat luas sekali, silahkan untuk memecah diri. Kita juga menyadari ada kecamatan yang wilayahnya sangat luas,” kata Kadinkes Riau Zainal Arifin, Sabtu (4/2).

Zainal menyontohkan, seperti di Kabupaten Indragiri Hilir. Dengan kondisi geografis wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak, ada beberapa Puskesmas dipecah menjadi tiga. 

Meski demikian, Zainal menegaskan untuk mengakomodir pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan di Riau, saat ini rata-rata keberadaan Puskesmas sudah terpenuhi. Dengan demikian, rentang kendalinya sudah semakin mengecil.

“Untuk konsep pemecahan Puskesmas kami sudah sampaikan ke masing-masing kabupaten kota,” sebut dia.*