4.815 CJH Riau Sudah Berada dan Menuju Arab Saudi

4.815 CJH Riau Sudah Berada dan Menuju Arab Saudi

5 Juni 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kepala Kemenag) Provinsi Riau Mahyudin menjelaskan bahwa saat ini untuk gelombang pertama pemberangkatan dari Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau sudah memberangkatkan sebanyak 4.815 orang jemaah haji dari 12 Kabupaten/Kota. 

Kuota awal kita 5.047 orang jemaah dan 68 orang petugas kloter. Namun karena ada penambahan kuota dari Pemerintah Arab Saudi sebanyak 8 ribu Jemaah Riau mendapatkan tambahan kuota sebanyak 44 orang jemaah. Sehingga Kloter Jemaah Riau menjadi 14 Kloter Penuh dan 1 Kloter Gabungan.

"Dengan diberangkatkan Kloter - BTH 16 atau EHA - 13 menutup pemberangkatan jemaah haji Riau melalui Embarkasi Haji Antara Riau gelombang pertama musim Haji 1444 H/2023 M. Gelombang Kedua Embarkasi Haji Antara Riau, kembali akan memberanfkatkan jemaah haji dimulai pada tanggal 21 Junl 2023,"ujar Mahyudin, Ahad (4/6/2023).

Mahyudin juga mengatakan bahwa sisa jemaah haji yang belum diberangkatkan merupakan jemaah haji gelombang kedua yang akan diberangkatkan pada kloter BTH -32.

"pada gelombang kedua kita direncanakan akan memberangkatkan jemaah haji satu kloter penuh dan satu kloter gabungan bersama jemaah asal Kepulauan Riau, Jambi dan Kalimantan Barat,"terangnya.

Sementara itu Mahyudin juga menjelaskan hari ini akan memasuki kota Mekkah Al Mukarromah satu Kloter lagi asal Provinsi Riau. 

"Sudah dua kloter jemaah Riau berada di Kota Mekkah, Insyaallah hari ini akan memasuki kota Mekkah lagi satu Kloter jemaah Riau. Jemaah kloter BTH - 06 hari ini melaksanakan Arbain terakhir di dilanjutkan dengan berihram dari Bir Ali. Dengan menggunakan 9 bus, pukul 06.45 jemaah mengambil Miqat untuk melaksanakan Umrah dan memasuki Makkah Almukarramah,"lanjut Mahyudin menjelaskan. 

Sementara itu Jemaah Kloter BTH - 04 sebanyak 369 baru menyelesaikan ibadah umrahnya pada pukul 02 dini hari WAS. Terdapat 33 jemaah menggunakan kursi roda.

Untuk Jemaah Kloter BTH - 10 masih menyelesaikan ibadah Arbain di Kota Madinah dan Ketua Kloter serta Pembimbing Ibadah memberikan edukasi dan pelatihan kepada jemaah menjelang keberangkatan ke kota Makkah untuk melaksanakan rangkaian Umrah.*