5 Daerah Didorong Pemprov Riau Tetapkan Status Siaga Karhutla

5 Daerah Didorong Pemprov Riau Tetapkan Status Siaga Karhutla

13 Februari 2023
Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal

Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal

RIAU1.COM - Kabupaten kota yang saat ini sudah ditemukan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) didorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera menetapkan status siaga.

Pasalnya, status siaga darurat Karhutla tingkat provinsi baru bisa ditetapkan jika sudah ada dua kabupaten kota yang duluan menetapkan.

"Makanya kami mengimbau agar daerah yang sudah ditemukan ada kebakaran lahan segera menetapkan status siaga," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal.

Lalu Edy menjelaskan, sejauh ini sudah ada empat daerah di Riau yang sudah ditemukan Karhutla. Diantaranya di Dumai dengan luas lahan terbakar seluas 1 hektar, kemudian di Bengkalis 3,58 hektar, di Siak 0,1 hektar

Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Pekanbaru dengan luas lahan terbakar mencapai 6,5 hektar. Sekaligus menjadi yang terluas saat ini. Kemudian di Kampar 0.75 hektar. Sementara sembilan daerah lainnya masih belum ditemukan ada titik kebakaran lahan.

Meski belum luas, sebut Edy, namun temuan titik Karhutla tersebut menjadi warning bagi semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab saat ini Riau mulai masuk musim kemarau.

"Memang masih sedikit yang terbakar, tapi menjadi peringatan bagi kita untuk meningkatkan kewaspadaan," tukasnya.*