673.929 Jiwa Penduduk Riau Belum Memiliki Jaminan Kesehatan

673.929 Jiwa Penduduk Riau Belum Memiliki Jaminan Kesehatan

1 Agustus 2023
Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy. Foto: Istimewa.

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Penduduk Provinsi Riau yang sudah memiliki jaminan kesehatan 6.105.170 jiwa. Jumlah penduduk Riau pada semester kedua sekitar 6.743.099 jiwa.

"Sehingga, masih terdapat 673.929 jiwa yang belum memiliki jaminan kesehatan," kata Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy dalam Rapat Koordinasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau di SKA Co-Ex, Pekanbaru, Senin (31/7/2023).

Dengan meningkatnya kepesertaan JKN, hal ini menunjukkan Pemprov Riau dan pemkab/pemko sangat berkomitmen dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Keistimewaan pemkab dan pemko yang sudah meraih predikat Universal Health Coverage/UHC (Jaminan Kesehatan Semesta) antara lain, masyarakat telah memiliki jaminan kesehatan.

"Mudah mengakses layanan kesehatan ketika sakit. Aktivasi peserta jaminan kesehatan tanpa menunggu masa tenggang waktu selama 14 hingga 30 hari," jelas Masrul.

Dengan kata lain, pemkab dan pemko dapat mendaftarkan masyarakatnya yang sakit atau membutuhkan pelayanan kesehatan langsung aktif pada hari didaftarkan. Biaya pengobatan ditanggung BPJS Kesehatan.