7.841 Dosis Vaksin Rabies Dikirim ke Dumai

7.841 Dosis Vaksin Rabies Dikirim ke Dumai

22 Juni 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau mendistribusikan vaksin rabies di 12 Kabupaten/Kota di Riau guna mengantisipasi penyebaran penyakit rabies pada hewan terutama anjing dan kucing. 

Kepala Dinas PKH Riau Herman mengatakan, sejak awal tahun 2023 lalu, pihaknya sudah mendistribusikan vaksin rabies tersebut. Pendistribusian vaksin dimasutkan untuk mencegah hewan terkena rabies. 

"Sudah kami distribusikan dan pihak pemerintah kabupaten/kota melalui instansi terkait sudah sudah ada yang melakukan vaksinasi. Utamanya bagi hewan jenis anjing dan kucing, ada juga beberapa hewan jenis musang yang dipelihara," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk vaksinasi rabies di Kabupaten Bengkalis saat ini sudah mencapai 269 dosis, Indragiri Hilir 475 dosis, Indragiri Hulu 40 dosis, Kampar 483 dosis, Pekanbaru 426 dosis, Pelalawan 100 dosis, Rokan Hilir 405 dosis, Siak 1.197 dosis, Kota Dumai 7.841 dosis.

"Kalau untuk Kabupaten Kepulauan Meranti memang tidak melakukan vaksin rabies, karena di sana sudah bebas rabies sejak 2016. Kemudian Rokan Hulu dan Kuantan Singingi sudah melakukan vaksin rabies tapi belum dilaporkan," ujarnya.

Untuk menggesa program vaksinasi rabies pada hewan penular rabies di Riau, pihaknya saat ini juga sedang melakukan pengadaan vaksin rabies.

"Kami saat ini sedang melakukan pengadaan sebanyak 29.510 dosis vaksin rabies," sebutnya.

Sementara itu, sejak Januari hingga Mei 2023, pihaknya mencatat ada 12 kasus positif rabies pada hewan di Riau. Diantaranya ditemukan di Kabupaten Indragiri Hilir 3 kasus, Pelalawan 1 kasus, Siak 4 kasus, Bengkalis 1 kasus dan Pekanbaru 3 kasus.

"Dari kasus tersebut, total ada 25 orang yang digigit hewan positif rabies. Namun untuk kasus manusia meninggal nihil," paparnya.*