Ramai Isu Penculikan Anak di Medsos, Polda Riau Pastikan Hoaks: Tidak Ada Kejadian di Riau

Ramai Isu Penculikan Anak di Medsos, Polda Riau Pastikan Hoaks: Tidak Ada Kejadian di Riau

1 November 2018
Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto (Riau1.com)

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto (Riau1.com)

RIAU1.COM -Beberapa pekan ini, 'wabah' hoaks menyoal penculikan anak turut merembet kesejumlah wilayah di Indonesia, termasuk satu diantaranya Provinsi Riau. Isu ini tak ayal membuat resah, karena beredar luas di Media Sosial (Medsos).

Menyikapi ini, Polda Riau pun memastikan, bahwa isu tersebut adalah hoaks. Sejauh ini, tidak ada laporan kasus penculikan anak terjadi. Itu disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto.

"Saya tegaskan, isu penculikan anak merupakan informasi hoaks.
Tidak ada kejadian di wilayah Polda Riau (Provinsi Riau)," ungkap Kombes Sunarto, Kamis (1/11/2018) sore.

Dia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat, terutama pengguna media sosial agar bijak menggunakan Medsos. "Saring dulu info itu sebelum sharing (Sebarkan, red)," pertegasnya.

"Jadi harus bijak menggunakan media sosial. Tidak sembarangan menshare info yang belum jelas kebenarannya. Saring sebelum sharing. Jangan sampai jadi bagian dari penyebar hoaks," yakin Kabid Humas Polda Riau.

Yang jelas, lanjutnya, informasi terkait itu yang beredar di media sosial tidaklah benar. Pihaknya pun terus melakukan pengawasan, melalui tim cyber dari Direktorat Reskrimsus Polda Riau.

"Tim cyber kita jalan melakukan monitoring, karena ada bagian tugasnya yang memantau itu," singkat Kombes Sunarto.

Diketahui, isu hoaks soal penculikan anak ini beredar di medsos dalam beberapa pekan belakangan. Parahnya, juga dilengkapi dengan foto-foto yang padahal bukan kejadian sebenarnya.

Bahkan Mabes Polri pun dengan tegas menyampaikan bahwa kabar tersebut hoaks, setelah dilakukan penelusuran dan diklarifikasi oleh tim Siber Polri. Sejauh ini, tidak ada laporan menyangkut itu.