Akhirnya Helikopter Water Bombing BNPB Tiba di Riau

Akhirnya Helikopter Water Bombing BNPB Tiba di Riau

10 Mei 2023
Helikopter Water Bombing BNPB

Helikopter Water Bombing BNPB

RIAU1.COM - Bantuan helikopter water bombing jenis Sikorsky dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI didapat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Bantuan helikopter water bombing tersebut untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau tahun 2023. Pasalnya saat ini sebagian wilayah Riau sudah dilanda kebakaran yang sulit dipadamkan melalui jalur darat.

Sebelumnya, Pemprov Riau juga telah mendapat bantuan helikopter patroli dari BNPB. Helikopter itu untuk pemantauan kebakaran lahan di kabupaten kota se-Riau. 

"Helikopter water bombing bantuan BNPB sudah datang satu unit, jenisnya Sikorsky S61N," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Selasa (9/5/2023). 

Lalu Edy Afrizal menjelaskan, helikopter water bombing tersebut memiliki kemampuan durasi terbang bisa mencapai 4,5 jam. 

Loading...

"Dengan adanya bantuan helikopter water bombing, maka sedikit membantu kita dalam pemadam kebakaran yang sulit dijangkau oleh satuan tugas (Satgas) Karhutla Darat Riau. 

"Seperti kebakaran kemarin di Dumai itu petugas sedikit kesulitan menjangkau lokasi kebakaran. Di samping itu, bahan baku cukup banyak dan angin juga kencang, sehingga api cepat meluas. Tapi dengan adanya water bombing, maka kita bisa padamkan dulu induk apinya agar kita menyebar," papar dia.*