Alasanannya Cegah Kesalahan, PPDB SMA/SMK di Riau Dipercepat

Alasanannya Cegah Kesalahan, PPDB SMA/SMK di Riau Dipercepat

10 Februari 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Riau akan mempercepat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri tahun ajaran 2023/2024. 

PPDB dilaksanakan tiga bulan sebelum ajaran baru dimulai. Hal ini dipercepat agar penerimaan PPDB tahun 2023 bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan. 

Berdasarkan keterangan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, untuk persiapan PPDB SMA/SMK negeri di Riau mungkin bulan Maret 2023 sudah dimulai. 

"PPDB ini kan yang biasa banyak masalah itu di Kota Pekanbaru. Tapi tahun ini kita sudah ada bangun tiga unit sekolah baru di Pekanbaru untuk mengurangi persoalan daya tampung," kata dia.

Gubri menyampaikan, tiga unit sekolah baru di Pekanbaru itu nantinya sudah bisa melakukan penerimaan siswa baru melalui PPDB. 

"Makanya nanti terhadap sekolah yang baru ini sudah bisa buka untuk PPDB tahun ini, sehingga ada kesempatan anak-anak kita untuk masuk sekolah negeri," ujarnya. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, M Job Kurniawan mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan persiapan PPDB tahun ajaran 2023/2024. 

"Kita sudah mulai melakukan rapat koordinasi dan memperbaiki sistem penerimaan PPDB. Yang jelas PPDB tahun ini kita tidak ingin dilaksanakan mendekati penerimaan sekolah. Kalau dulu misalnya satu bulan sebelum penerimaan siswa baru, kita baru PPDB, sehingga itu terlalu singkat waktunya," papar Job Kurniawan, Jumat (10/2).

"Karena itu, tiga bulan sebelum penerimaan siswa baru kita sudah laksanakan PPDB, kemungkinan setelah Lebaran sudah mulai. Supaya waktu persiapan matang dan meminimalisir kesalahan. Dengan begitu, kita harapkan tidak ada lagi siswa dari keluarga tidak mampu yang tidak terakomodir," tutur dia.*