Anak Buah SF Hariyanto Sebut Selama Libur Lebaran Riau Nihil Karhutla

Anak Buah SF Hariyanto Sebut Selama Libur Lebaran Riau Nihil Karhutla

13 April 2024
Karhutla di Meranti belum lama ini/Humas.Polri.go.id

Karhutla di Meranti belum lama ini/Humas.Polri.go.id

RIAU1.COM - Selama libur hari raya Idulfitri 1445 Hijriah atau tahun 2024 ini, Provinsi Riau terpantau nihil kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"Alhamdulillah, libur Lebaran tahun ini Riau nihil kebakaran hutan dan lahan, karena wilayah Riau diguyur hujan," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Sabtu (13/4). 

Kemudian Edy Afrizal menyebutkan, jika tidak diguyur hujan maka pihaknya tidak bisa membayangkan jika terjadi kebakaran di kabupaten kota. Hal ini karena libur Lebaran petugas harus berjibaku melakukan pemadaman api. 

"Kalau tidak ada hujan, terpaksa petugas gabungan harus mengorbankan liburan Lebaran nya dengan keluarga. Karena sebelum Lebaran kondisi wilayah pesisir Riau memang lagi musim panas, tidak ada hujan," ujar dia.

Tambah Edy Afrizal, pihaknya telah melakukan beberapa antisipasi jika terjadi Karhutla saat libur Lebaran. Termasuk mensiagakan petugas secara bergantian. 

"Mudah-mudahan beberapa hari kedepan wilayah Riau masih diguyur hujan, sehingga tidak terjadi kebakaran di kabupaten kota," tukasnya.*