Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta Didorong Rancang Rencana Strategis

Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta Didorong Rancang Rencana Strategis

17 November 2023
Asisten II Setdaprov Riau, Job Kurniawan

Asisten II Setdaprov Riau, Job Kurniawan

RIAU1.COM - Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, M. Job Kurniawan berharap Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKS PTIS) mampu menjadi wadah dalam merancang rencana strategis dalam menghadapi tantantangan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Job saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pelantikan BKSPTIS masa bakti 2023 - 2027 di Universitas Islam Riau, Jum’at, (17/11/2023).

“Dilantiknya BKSPTIS, kami berharap dapat membawa pengaruh positif bagi kemajuan Perguruan Tinggi yang mandiri dan mendunia,” ujar Job Kurniawan.

Dia juga memandang, BKSPTIS dapat dimanfaatkan sebagai sarana antar Perguruan Tinggi untuk saling menjalin komunikasi dan kolaborasi untuk melahirkan inovasi - inovasi baru dalam dunia pendidikan.

“Ini harus dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling berbagi dan menginspirasi antar Perguruan Tinggi,” sebut dia.

Sementara itu, Ketua Umum BKSPTIS yang baru dilantik, Fathul Wahid mengungkapkan, Perguruan Tinggi wajib memiliki kemandirian. Baik kemandirian secara ekonomi, pegembangan sumber daya alternatif, maupun kebebasan akademik.

“Sehingga tidak selalu tergantung uluran tangan pihak lain yang mengikat. Kampus harus diupayakan untuk tetap menjadi pilar yang kalis dari kepentingan jangka pendek,” sebut dia.*