Bankeu Kecamatan, Ternyata Baru Kampar dan Rohul Ajukan Pencairan

Bankeu Kecamatan, Ternyata Baru Kampar dan Rohul Ajukan Pencairan

12 Agustus 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp17,2 miliar untuk 172 kecamatan kembali dialokasikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun ini. Masing-masing mendapatkan bantuan Rp100 juta.

Berdasarkan keterangan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekdaprov Riau, Elly Wardhani melalui Koordinator Pemerintahan, Ade Yunisnawaty mengatakan, tahun ini bantuan keuangan kecamatan tetap dialokasikan.

"Tahun ini BKK kecamatan tetap dialokasikan Rp100 juta per kecamatan. Bantuan ini bergulir sejak tahun 2019," kata Ade Yunisnawaty akhir pekan ini.

Lalu Ade mengatakan, progres penyaluran BKK kecamatan berdasarkan usulan dari kabupaten kota. Dimana saat ini daerah yang sudah mengusulkan pencairan bantuan tersebut baru Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu (Rohul).

"BKK kecamatan di Kampar dan Rohul masih proses verifikasi, setelah selesai baru kita usulkan pencairan ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Riau," terangnya.

Namun, lanjut Ade, pihaknya sudah menyurati kabupaten kota lainnya untuk segera mengusulkan pencairan bantuan keuangan kecamatan, sehingga bisa segera dilakukan verifikasi.

"Tapi biasanya mengacu tahun-tahun sebelumnya mereka bulan September atau Oktober baru mengusulkan. Jadi tidak begitu susah proses pencairan, hanya saja harus ada usulan dari kabupaten kota," sebutnya.*