Banyak Ikan Mati di Sungai Siak, Identifikasi Sedang Dilakukan

Banyak Ikan Mati di Sungai Siak, Identifikasi Sedang Dilakukan

30 Juli 2023
Ikan yang ditemukan mati di sungai Siak belum lama ini

Ikan yang ditemukan mati di sungai Siak belum lama ini

RIAU1.COM - Pelacakan dan identifikasi sumber pencemaran air Sungai Siak telah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak. 

Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Tualang yang menyebabkan ikan mati pada pekan lalu. 

DLHK Riau juga telah mengambil sampel air yang diduga tercemar limbah perusahaan itu untuk diuji di laboratorium. Namun, hasilnya hingga kini belum keluar. 

"Kami DLHK Riau telah berupaya melakukan identifikasi pencemaran air Sungai Siak di Tualang bersama DLH Siak dan berkoordinasi dengan KLHK," kata Kepala DLHK Provinsi Riau, Mamun Murod melalui Kepala Bidang PPKLHK, Embiyarman, dikutip, Ahad (30/7/2023).

Embi mengatakan, jika pihaknya bersama DLH Siak juga telah mengambil sampel air Sungai Siak tersebut untuk diuji di Laboratorium Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau. 

"Saat ini sampel masih diuji di Labor PUPR, nanti hasilnya akan kami sampaikan ke KLHK. Karena Sungai Siak ini kewenangan kementerian, kita dalam persoalan ini sifatnya membantu," tutupnya. 

Diberitakan sebelumnya, beredar informasi terjadi pencemaran di Sungai Jantan atau Sungai Siak, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Dari foto yang beredar di media sosial, terlihat para nelayan menangkap ikan  mati menggunakan alat tangkap ikan tangguk. Belum diketahui penyebab banyaknya ikan di Sungai Siak itu, namun diduga tercemar limbah perusahaan. 

Terkait hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Mamun Murod melalui Kepala Bidang , Embiyarman mengatakan, jika pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas LHK Kabupaten Siak terkait informasi adanya pencemaran Sungai Siak di Kecamatan Tualang, Siak. 

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas LHK Kabupaten Siak terkait adanya pencemaran di Sungai Siak," kata Embiyarman.

Embiyarman mengatakan, saat ini tim Dinas LHK Siak sudah turun ke lokasi menindaklanjuti laporan adanya pencemaran di Sungai Siak. 

"Tim Dinas LHK Siak sekarang sedang cek ke lapangan terkait informasi itu, dan kita sekarang masih menunggu hasilnya penyebab ikan mati di Tualang itu," sebutnya. 

"Jadi tim Dinas LHK Siak tengah mengidentifikasi sumber limbah dari mana. Tentu harus ditelusuri hulunya. Itu yang sedang diidentifikasi, dan kita tunggu hasilnya," tutur dia.*