Baznas Bantu Biaya Penulisan Skripsi 188 Mahasiswa Unri

Baznas Bantu Biaya Penulisan Skripsi 188 Mahasiswa Unri

28 Desember 2022
Penyerahan bantuan Baznas

Penyerahan bantuan Baznas

RIAU1.COM - Bantuan biaya pendidikan untuk penulisan skripsi diterima 188 mahasiswa Universitas Riau (Unri) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Riau (UNRI). 

Bantuan ini merupakan implementasi dari program Provinsi Riau Cerdas dari Baznas

Ketua Baznas Provinsi Riau Masriani Hasan, pada acara penyerahan bantuan skripsi mahasiswa UNRI ini menyebutkan, besarnya potensi zakat yang ada di Indonesia pemerintah membuat inisiatif sebuah lembaga khusus untuk mengelola zakat tersebut, muncullah Baznas tingkat pusat maupun daerah dengan bergerak begitu cepat mengumpulkan zakat.

“Di Provinsi Riau sendiri, potensi zakat begitu besar. Oleh sebab itu dibentuklah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) termasuk UNRI sendiri. Bank zakat yang dikumpulkan tersebut dibagi dan didistribusikan menjadi lima induk. Antara lain, Baznas Riau Makmur, Baznas Riau Cerdas, Baznas Riau Sehat, Baznas Riau Peduli, Baznas Riau Dakwah. Untuk Baznas Riau Cerdas, kita mengambil porsi cukup besar untuk memajukan kualitas anak bangsa melalui pendidikan,” ucap Masriani, Selasa (27/12).

“Biasanya zakat ini menjadi sasaran adalah masyarakat miskin yang tidak mempunyai kapasitas untuk berusaha. Oleh karena itu, beasiswa melalui Baznas mencakupi seluruh universitas yang ada di Provinsi Riau yang berkembang sangat baik, dimana dapat dilihat banyaknya anak-anak membutuhkan beasiswa tersebut untuk pendidikan melalui zakat ini,” sambung dia.*