Belum Ada Laporan Warga Riau Terjangkit Flu Burung

Belum Ada Laporan Warga Riau Terjangkit Flu Burung

27 Maret 2023
Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin

Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin

RIAU1.COM - Sejauh ini Dinas Kesehatan (Diskes) Riau mengaku belum menerima laporan adanya manusia atau masyarakat Riau yang terjangkit flu burung, usai  ditemukannya unggas yang positif flu burung di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Kota Kampar, Kabupaten Kampar. 

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengatakan, pasca adanya temuan unggas yang positif flu burung di Kampar tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Riau. Tujuannya untuk melakukan upaya koordinasi pencegahan penyebaran virus tersebut.

"Sampai saat ini kami belum dapat laporan ada masyarakat Riau yang terjangkit flu burung. Kami juga sedang berkoordinasi dengan pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau," kata Zainal, Ahad (26/3). 

Terkait virus flu burung, Zainal melajutkan, pihaknya sudah menerima surat edaran kewaspadaan terkait kasus flu burung dari Kementerian kesehatan (Kemenkes). Hal tersebut menindaklanjuti adanya kasus flu burung pada manusia di Kamboja.

"Kami sudah menerima surat edaran dari Kemenkes, kami diminta untuk mengingatkan Dinas Kesehatan kabupaten/kota agar mengambil langkah-langkah pencegahan," tutur Zainal.*