BEM UNRI Lakukan Pemadaman Api Bersama BPBD Riau

BEM UNRI Lakukan Pemadaman Api Bersama BPBD Riau

2 Mei 2023
BEM UNRI Lakukan Pemadaman Api Bersama BPBD Riau

BEM UNRI Lakukan Pemadaman Api Bersama BPBD Riau

RIAU1.COM - BEM UNRI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau melakukan survei dan pemadaman api langsung ke lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) pada hari Jumat (28/04). Kegiatan ini diikuti langsung oleh Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Ketua Umum DPM Universitas Riau, Menteri Sosial Politik, Menteri Hukum dan Advokasi, serta Menteri Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa Strategis BEM Universitas Riau.

Dikomandoi langsung oleh Ketua Pelaksana BPBD Provinsi Riau yakni Bapak M. Edy Afrizal, S.E., M.H dan jajaran dimulai dari apel pagi terlebih dahulu di Kantor BPBD Provinsi Riau di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru langsung menuju titik api karhutla di Desa Plintung, Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Sementara itu Walikota Dumai, Kapolres Dumai, dan Dandim 0320 Dumai telah menunggu untuk melakukan pemadaman api bersama.

Kegiatan turun langsung ke lapangan ini dalam rangka bentuk respons BEM UNRI terhadap potensi titik karhutla yang semakin memprihatinkan di Provinsi Riau. Sebagaimana biasanya, BEM UNRI menjalankan peran sosial kontrol melalui kritikan aksi turun ke jalan, namun kali ini terjun langsung ke lapangan untuk ikut serta dalam memadamkan titik api karhutla. 

"BEM Universitas Riau khususnya mahasiswa harus mampu menjadi orang-orang yang jeli dan cerdas dalam mengkritisi sebuah kebijakan berdasarkan data dan kondisi yang dirasakan. BEM UNRI dalam hal kasus karhutla yang terjadi di Kota Dumai pada saat ini ingin langsung turun ke lapangan melihat kondisi dan personil yang turun ke lapangan, bagaimana kinerja yang dilaksanakan, kemudian apa yang perlu diperbaiki dan dikritisi untuk keamanan masyarakat Riau dalam menangani permasalahan karhutla yang terjadi atau menghadapi kekeringan yang sudah di depan mata, ini satu bentuk langkah konkret yang kita laksanakan untuk menjadi agent of change dan agent of control," tutur Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Khoirul Basar. (Rls)