Beri Pengalaman Kerja, Disnakertrans Riau Ada Program Magang Industri

Beri Pengalaman Kerja, Disnakertrans Riau Ada Program Magang Industri

20 April 2024
Kadisnakertrans Riau, Boby Rachmat

Kadisnakertrans Riau, Boby Rachmat

RIAU1.COM - Kolaborasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau dengan perusahaan kertas Perawang, Kabupaten Siak menghasilkan program Magang Industri untuk puluhan alumni Perguruan Tinggi di Riau

Kadisnakertrans Riau, Boby Rachmat mengatakan, magang industri ini meliputi beberapa kualifikasi. Di antaranya mekanik industri, otomasi, instrument kimia, analis, teknik kimia industri, teknik listrik dan teknik elektro atau instrumen. 

"Jumlah peserta sebanyak 41 orang. Sebelumnya mereka terlebih dahulu dinyatakan lulus seleksi. Sedangkan total peserta yang mendaftar ada sebanyak 400 orang," terang Boby, Sabtu (20/4/2024). 

Para peserta, sebut dia, direkrut dari alumni sejumlah Peguruan Tinggi di Riau. Yakni Politeknik Bengkalis (Polbeng), PCR, Unri dan UIR. Program ini sudah dimulai pada Jumat (19/4/2024) kemarin berlangsung hingga satu tahun mendatang. 

Menurut Boby, pihaknya memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan dan berharap program ini bisa menjadi solusi dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran saat ini. 

"Program ini juga kita harap memberikan manfaat, bekal serta pengalaman para peserta sebelum terjun di dunia industri sesuai kebutuhan perusahaan yang ada di Provinsi Riau," tambahnya. 

Ke depannya program serupa dapat diperluas dan dilaksanakan perusahaan lain di Riau. "alau bisa, semakin diperluas dengan melakukan kerja sama hingga tingkat SMK," ucapanya. 

Kemudian, program ini bisa juga menjadi pilot project yang bisa dilaksanakan secara berkelanjutan pada masa mendatang. Karena dari program ini, bisa memberi bekal dan pengalaman bagi para peserta, sebelum terjun di dunia industri.*