Berikut Jadwal dan Tahapan PPDB SMA Sederajat di Riau Tahun 2024

Berikut Jadwal dan Tahapan PPDB SMA Sederajat di Riau Tahun 2024

2 Mei 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Riau mulai dibuka 21 hingga 24 Juni 2024 mendatang. Tahap pertama diawali dengan pra pendaftaran.  

Di tahapan pra pendaftaran ini, peserta didik sudah bisa mulai meng-upload dokumen-dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh panitia.

Kemudian pada tanggal 24 sampai 29 Juni, peserta didik yang sudah mendaftar bisa memilih sekolah yang diinginkan. Khusu bagi peserta didik yang mendaftar di SMK, selain milih sekolah, peserta didik juga harus memilih jurusan yang diinginkan. 

"Khusus untuk yang mendaftar di SMK, peserta didik bisa memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar rangking," kata Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri Provinsi Riau, Arden Simeru.

Setelah memilih sekolah, kata Arden, pada tanggal 30 Juni 2024 tahapan PPDB masuk ke proses rekonsiliasi data.

"Sesuai jadwal pada tanggal 1 Juli 2024 kita aka umumkan penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Riau," ujar dia.

Kemudian Arden menjelaskan, seusai Pergub Nomor 2 tahun 2024, mereka yang tidak lulus di sekolah negeri, tapi kurang mampu dari segi ekonomi, bisa mendaftar ke sekolah swasta dan biayanya akan ditanggung oleh Pemprov Riau. 

Saat ini, tambah dia, Tim dari Dinas Pendidikan Riau, mulai melakukan sosialisasi dengan turun langsung ke 12 kabupaten/kota. 

"Awal Juni nanti akan ada peluncuran aplikasi PPDB online, sekaligus simulasi untuk memastikan aplikasinya berfungsi dengan baik," tukasnya.*