Berikut Pemenang Festival Film Pendek Melayu Disbud Riau 2023

Berikut Pemenang Festival Film Pendek Melayu Disbud Riau 2023

27 Juli 2023
Penyerahan hadiah pada para pemenang lomba film pendek melayu 2023

Penyerahan hadiah pada para pemenang lomba film pendek melayu 2023

RIAU1.COM - Dinas Kebudayaan (Disbud) Riau sukses menggelar festival film pendek melayu Riau, mengusung tema Warisan Budaya Takbeda Provinsi Riau.

Sementara, sub temanya dapat mengacu pada 64 objek WBTB Provinsi Riau yang telah di tetapkan menjadi WBTB Indonesia.

Dikatakan, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen, acara ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya yang ada di bumi lancang kuning. Oleh karna itu syarat peserta yang ikut dalam lomba ini di mulai dari usia 18-45 tahun.

“Tujuan dari kegiatan ini tentu saja untuk melestarikan warisan budaya tak benda yang ada di Provinsi Riau. Makanya mulai dari generasi muda yang berusia 18 tahun, sampai umur 45 tahun bisa mengikuti lomba festival film pendek ini,” katanya di Pekanbaru, Kamis (27/07/2023).

Dia menjelaskan, Disbud Provinsi Riau sudah melakukan pemutaran film-film terpilih di Taman Budaya, Kota Pekanbaru. Karya yang ditayangkan itu telah melalui tahap seleksi dan penilaian dari dewan juri.

“Kami sudah melakukan pemutaran film pada hari Senin (25/7/2023) di Gedung Edi Ruslan Pe Amanriza Taman Budaya. Dari 15 karya ditayangkan, terdapat 6 nominasi pemenang yang sesuai dengan penilaian dewan juri,” jelasnya.

Diungkapkan, film yang dilombakan sesuai tema dan berbentuk fiksi serta bersifat orisinil. Lebih lanjut, sebanyak 15 kelompok peserta yang mengikuti festival film pendek ini merupakan asli anak-anak Riau. 

“Ada berbagai syarat dan ketentuan, salah satunya itu film harus seduai dengan tema. Tentunya untuk mengetahui tema dari 64 WBTB kita ini, pasti anak-anak asli Riau lah yang lebih paham. 15 kelompok itu semua dari Kabupaten kota se-Riau," papar dia.

Adapun daftar pemenang Festival Film Pendek Melayu Riau 2023, yaitu :

Juara 1, Syamsul Bahri, judul karya Tabuh di Hutan Tabuh.

Juara 2, Rofi Adi Syabanto, judul karya Kelana Maya.

Juara 3, Project Besame, judul karya Sangkak-The Journey to Gendong.

Harapan 1, M Syahren, judul karya Kasih Sekejap.

Harapan 2, Saipul Rizan, judul karya Serentak Cermin.

Harapan 3, Baharsyah Setiaji Wicaksono, judul karya, Peningkah.

Pendafataran festival ini telah dibuka sejak 20 Maret - 30 April yang lalu. Sedangkan batas waktu pengiriman karya 20 Juli 2023. Untuk pemenang juara 1 meraih hadiah senilai Rp 10 juta, juara 2 mendapatkan Rp 8 juta, dan juara 3 diberikan Rp 6 juta. Sedangkan kepada pemenang harapan 1, 2, dan 3 masing-masing meraih Rp 3 juta.*