Berikut Prakiraan Cuaca Wilayah Kota Dumai dan Rohil Hari Ini

Berikut Prakiraan Cuaca Wilayah Kota Dumai dan Rohil Hari Ini

20 Februari 2024
Kota Dumai/Net

Kota Dumai/Net

RIAU1.COM - Rilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Selasa (20/2) disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.
 
Disebutkan bahwa cuaca berawan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur wilayah setempat. 

Disampaikan, Forecaster on Duty BMKG Pekanbaru Bella RA, pagi hari dimulai dengan kabut dan cuaca berawan. Lalu,  diprediksi adanya hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir.

"Siang hingga sore hari diprediksi cerah berawan hingga berawan, dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Provinsi Riau," ujarnya. 

Potensi ini termasuk Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Kota Dumai, Kuantan Singingi, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak, dan Kota Pekanbaru.

Lalu, pada malam hari diprediksi cerah berawan hingga berawan, dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Dumai, Bengkalis, Kampar, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, dan Pelalawan.

"Sedangkan dini hari, udara diprediksi kabur hingga berawan, dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai," katanya. 

Peringatan dini dikeluarkan untuk waspada terhadap hujan sedang hingga lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Kota Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kuantan Singingi, baik pada siang, sore, malam, maupun dini hari.

Suhu udara diprediksi berkisar antara 23.0 hingga 32.0 °C dengan kelembapan udara antara 55 hingga 98% dan angin bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan 10 hingga 36 km/jam.

"Gelombang laut diperkirakan rendah dengan tinggi berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter di perairan Provinsi Riau," ucapnya. 

Total titik panas (hotspot) wilayah Sumatera pada pukul 23.00 WIB adalah 31, dengan sebagian besar berada di Jambi dan Sumatera Selatan, serta beberapa di Sumatera Utara, Bangka Belitung, dan Riau, termasuk di Kabupaten Siak, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.*