Calon Jamaah Haji Riau Usia di Atas 65 Tahun Capai 1.500 Orang

Calon Jamaah Haji Riau Usia di Atas 65 Tahun Capai 1.500 Orang

24 Februari 2023
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau Mahyudin

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau Mahyudin

RIAU1.COM - Berdasarkan data Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, jumlah calon jamaah haji di Riau yang usianya sudah lanjut atau di atas 65 tahun lebih dari seribu orang. 

Berdasarkan keterangan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau Mahyudin, dari 5.008 orang kuota jemaah haji Riau tahun ini, ternyata ada 1.500 orang yang sudah lansia.

"Iya, dari kuota 5.008 kuota haji kita, ada 1.500 orang lebih yang usianya diatas 65 tahun," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, Kamis (23/2).

Dengan banyak jumlah calon jamaah haji yang masuk kategori lansia, maka tugas dari pendamping jamaah haji akan lebih berat. Sebab jamaah haji yang sudah lanjut usia, secara fisik tidak bisa disamakan dengan yang usianya dibawah 65 tahun.

Mahyudin berharap para petugas haji yang sudah dinyatakan lulus seleksi dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik – baiknya dalam memberikan layanan kepada Jemaah haji. Baik selama di tanah air maupun saat berada di Arab Saudi.

"Saya berharap kepada petugas yang nantinya lolos menjadi petugas haji dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Karena musim haji tahun ini tidak ada lagi pembatasan usia dan kuota juga sudah normal. Jadi tugas petugas haji juga akan semakin berat," kata dia.

Kemudian Mahyudin juga mengingatkan kepada Pemprov Riau dan pemerintah kabupaten kota se Provinsi Riau agar menyiapkan anggaran operasional Petugas Haji Daerah.

"Pemerintah daerah perlu mempersiapkan anggaran. Tidak hanya biaya keberangkatan saja tetapi juga biaya operasional lainnya seperti juga biaya pelatihan petugas haji daerah tersebut," demikian Mahyudin.*