Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Wilayah Riau hingga Tanggal 21 April

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Wilayah Riau hingga Tanggal 21 April

17 April 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Masyarakat diminta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru waspada cuaca ekstrem di Provinsi Riau pada tanggal 16 hingga 21 April 2024 ini.

Kepala BMKG Pekanbaru Irwansyah mengatakan, cuaca ekstrem di beberapa wilayah Provinsi Riau yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi.

“Potensi yang bisa terjadi akibat cuaca ekstrem antara lain hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan es,” kata Irwansyah, Rabu (17/4).

Lalu Irwansyah menjelaskan, potensi cuaca ekstrem tersebut diperkirakan terjadi di delapan Kabupaten/kota di Provinsi Riau.

“Cuaca ekstrem pada rentang beberapa hari itu diperkirakan terjadi Kota Dumai, Meranti, Bengkalis, Rohul, Kampar, Pekanbaru, Pelalawan, Kuansing hingga Inhil,” jelas Irwansyah.

Penyebabnya, jelas Irwansyah, dikarenakan saat ini suhu muka laut diperairan Riau yang masih hangat yang dapat mengakibatkan peningkatan pasokan uap air di atmosfer, serta di adanya pola belokan angin di wilayah Provinsi Riau yang dapat membuat pertumbuhan awan awan hujan cukup signifikan. 

“Selain itu terdapat gangguan atmosfer gelombang Kelvin yang juga dapat mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang massif di wilayah Provinsi Riau,” jelas Irwansyah.

Sebagai Koordinator wilayah Riau, BMKG Pekanbaru mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan. 

Dia juga berharap masyarakat dapat mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari perkiraan cuaca tersebut.

“Kami berharap masyarakat lebih mengantisipasi terhadap dampar yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang,” pesan Irwansyah. 

Irwansyah juga mengimbau masyarakat untuk selalu rhemantau cuaca terkini serta peringatan dini cuaca ekstrem melalui website https //nowcasting bmkg go id/.

“Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih bisa juga mengikuti media sosial kami di intagram @infocuacarigy, dan saluran telepon serta WhatsApp : 08117600063,” demikian Irwansyah.*